Fakta-Fakta Penting Tentang Agama Yahudi

Yudaisme/Yahudiah adalalah agama monoteistik tertua di dunia, yang berusia kurang lebih 4000 tahun. Yudaisme sendiri merupakan  kepercayaan yang dianut oleh para Yahudi. Pengikut Yudaisme mengimani satu Tuhan yang menampakan diri-Nya melalui para nabi terdahulu. Mengetahui Sejarah sangat penting dimana untuk memahami keimanan Yahudi, yang tertancap dalam tradisi, hukum, budaya.

Agama Yahudi
Orang-orang Yahudi percaya hanya ada satu Tuhan yang menetapkan perjanjian atau kesepakatan khusus dengan mereka. Tuhan mereka menyampaikan sesuatu melalui para nabi dan mengganjar atas perbuatan baik juga menghukum atas kejahatan. Kebanyakan orang Yahudi (Kecuali golongan mesianik dan golongan lainnya) percaya bahwa Mesiah mereka akan datang pada suatu hari nanti. Saat ini, ada sekitar 14 juta orang Yahudi di seluruh dunia. Sebagian besar dari mereka tinggal di Amerika Serikat dan Israel. Secara tradisi, seorang dianggap Yahudi jika ibu mereka adalah orang Yahudi

Taurat
Teks suci yahudi disebut Tanakh atau “Alkitab Ibrani”.  Ini termasuk kitab yang sama dengan Kitab Perjanjian Lama Kristen, tetapi mereka ditempatkan dalam urutan sedikit berbeda. Taurat adalah lima kitab pertama dari Tanakh berisi pokok hukum-hukum untuk para Yahudi ikuti. Terkadang juga disebut sebagai Pentateuch. Orang Yahudi beribadah ditempat suci yang dikenal sebagai sinagoga, dan pemimpin spiritual mereka dipanggil Rabi. Bintang Daud adalah simbil dari Yudaisme.

Sejarah Yahudi
Asal-usul iman Yahudi dijelaskan diseluruh Taurat. Menurut teks, Tuhan menampkan diri-Nya kepada seorang Yahudi bernama Abraham/Ibrahim, dimana ia dikenal sebagai pendiri dari Yudaisme. Orang-orang Yahudi percaya bahwasannya Tuhan membuat perjanjian khusus dengan Abraham dan bahwa ia dan keturunannya menjadi orang pilihan yang akan menciptakan sebuah bangsa besar.

Bait Suci

Sekitar 1000 SM, Raja Daud memerintah orang-orang Yahudi. Anaknya Sulaiman membangun bait suci pertama di Yarusalem, dimana menjadi pusat utama peribadatan untuk orang Yahudi. Kerajaan runtuh sekitar tahun 931 SM, dan orang-orang Yahudi terbagi menjadi dua kelompok: Israel di utara dan Yehuda di Selatan.  Sekitar tahun 571 SM, orang Babilonia menghancurkan bait pertama dan mengirim banyak orang yahudi menuju ke pengasingan. Bait kedua dibangun sekitar 516 SM. Tetapi akhirnya dihancurkan oleh orang romawi di tahun 70 M.  Penghancuran Bait Suci kedua membawa efek signifikan karena orang-orang Yahudi tidak lagi memiliki tempat berkumpul bersama, jadi mereka mengalihkan fokus untuk beribadah di sinagog-sinagog setempat.

Kitab lain Yahudi
Meskipun  Tanakh (termasuk taurat) dianggap sebagai teks suci dari Yudaisme , banyak naskah penting lainnya disusun pada tahun berikutnya. Ini memberikan wawasan tentang bagaimana Tanakh harus ditafsirkan dan pendokumentasian hukum lisan yang sebelumnya tidak dituliskan. Sekitar 200 M, para ilmuwan mengkompilasi Mishna sebuah teks yang mendeskripsikan dan menjelaskan kode etik hukum yahudi yang sebelumnya dikomunikasikan secara lisan.
Kemudian, Talmud, kumpulan ajaran dan komentar terhadap hukum yahudi yang telah diciptakan. Talmud berisi Mishna dan teks lainnya yang dikenal sebagai Gemara (yang mengkaji Misnah). Ini termasuk interpretasi dari ribuan rabbi dan menguraikan pentingnya 613 hukum yahudi. Versi pertama dari Talmud diselsaikan sekitar abad ke-3 Masehi. Bagian kedua diselsaikan pada abad ke-5 Masehi. Yudaisme mencakup beberapa teks lainnya dan penjelasnnya. Salah satu contohnya adalah 13 artikel iman, yang mana ditulis oleh filsuf yahudi yang bernama Maimonides.

Yudaisme dan Persekusi
Sepanjang sejarah, orang yahudi dianiaya karena kepercayaan agama mereka. Beberapa perisitiwa terkenal sebagai berikut:1066 Pembantaian Granada: Pada 30 Desember 1066, sebuah gerombolan muslim menyerbu istana kerajaan di Granda dan membunuh lebih dari 1000 keluarga yahudi. Kelompok tersebut juga menculik dan menyalib Joseph bin Naghrella, wazir Yahudi  tersebut kepada raja Berber
  • Perang Salib Pertama: Pada perang salib pertama – serangkaian perang suci pada abad pertengahan yang melibatkan orang-orang kristen dan muslim – ribuan orang yahudi terbunuhm dan banyak dari mereka dipaksa masuk agama kristen
  • Pengusiran Spanyol: Pada tahun 1492, Penguasa Spanyol mengeluarkan sebuah dekrit kerajaan yang menyatakan bahwa semua orang yahudi yang menolak menjadi seorang kristen akan dikeluarkan dari negara. Para ahli memperkirakan bahwa 200  ribu orang keluar dan 10 ribu orang meninggal saat berusaha mencapai tempat yang aman
  • Holocaust: Dalam Holocaust, merupakan tindakan kekejaman modern yang paling terkenal. Nazi membunuh lebih dari 6 juta orang Yahudi.
Terciptanya Negara Israel
Semasa dan sesudah Holocaust, banyak orang Yahudi kembali ke tanah air mereka (di wilayah timur tengah (di timur tengah yang dikenal sekarang Palestina) dan memeluk Zionisme, sebuah gerakan untuk menciptakan sebuah bangsa Yahudi yang muncul di Eropa abad ke-19. Pada tahun 1948 Israel secara resmi menjadi negara merdeka. David Ben-Gurion, salah satu tokoh penggerak negara Yahudi, diberi gelar perdana menteri.
Peristiwa ini dianggap sukses bagi orang-orang Yahudi yang tanpa lelah mengajukan kemerdekaan sebuah negara di tanah air mereka. Namun ketegangan antara orang Yahudi dan orang Arab yang tinggal di Palestina meningkat di tahun-tahun sejak Israel menjadi negara dan masih berlangsung hingga saat ini.

Tipe dari Yudaisme
Ada beberapa sekte dalam Yudaisme, yang meliputi:
  • Yudaisme Ortodoks: Yahudi Ortodoks biasanya dikenal karena ketaatan mereka terhadap hukum dan ritual tradisional Yahudi. Misalnya, kebanyakan percaya Shabbat seharusnya tidak melibatkan pekerjaan, mengemudi atau berurusan dengan uang. Yudaisme Ortodoks adalah sekte yang beragam yang mencakup beberapa subkelompok, termasuk Yahudi Hasidis. Gerakan  ini dimulai pada abad ke-18 di Eropa Timur dan memiliki nilai yang berbeda dari Yudaisme tradisional atau ultra-Ortodoks. Orang-orang Yahudi Hasidis menekankan pengalaman mistis dengan Tuhan yang melibatkan persekutuan langsung melalui doa dan penyembahan. Chabad adalah gerakan Yahudi Ortodoks yang terkenal, dari gerakan Hasidis.
  • Yudaisme Reformis: Reformasi Yudaisme dianggap sebagai kategori liberal dari agama yang menghargai tradisi beradab dengan hukum yang ketat. Para pengikut mempromosikan gagasan dan adaptasi yang progresif. Sebagian besar Yahudi yang tinggal di Amerika Serikat mengikuti tradisi yudaisme reformis
  • Yudaisme konservatif: Bannya orang menganggap bentuk Yudaisme ini terletak diantara Ortodhoks dan Reformis. Biasanya, yahudi konservatif menghormati tradisi sambil mengikuti beberapa modernisasi.
  • Yudaisme rekonstuksionis: Rekontruksi kembali terjadi pada tahun 1922 ketika Mordecai Kaplan mendirikan perhimpunan untuk kemajuan Yudaisme. Sekte ini percaya bahwa Yudaisme adalah peradaban religius yang terus berkembang
  • Yudaisme humanistik: Rabbi Sherwin Wine mendirikan denominasi Yudaisme ini pada tahun 1963. Orang-orang Yahudi yang humanistik merayakan sejarah dan budaya Yahudi tanpa penekanan pada Tuhan.
  • Yudaisme Mesianik: Gerakan modern ini menggabungkan keyakinan Yudaisme dan Kekristenan. Orang Yahudi Mesianik percaya bahwa Yesus Kristus adalah Mesias namun tetap mengikuti tradisi Yahudi.                                                                                                  Meskipun ada berbagai denominasi Yudaisme, banyak orang Yahudi tidak mengidentifikasi dengan klasifikasi tertentu dan hanya menyebut diri mereka sebagai orang Yahudi.
Shabbat
Shabbat merupakan hari istirahat dan doa untuk orang Yahudi . Ini biasanya dimulai saat matahari terbenam pada hari jumat dan berakhir sampai malam hari sabtu.  Melihat Shabbat dapat mengambil banyak bentuk, tergantung tipe Yudaisme apa yang diikuti oleh sebuah keluarga. Orthodoks dan Konservatif Yahudi, sebagai contoh, mungkin bisa menahan diri dari aktivitas kerja apa pun, tidak menggunakan perangkat listrik atau aktivitas terlarang lainnya
Orang Yahudi paling taat merayakan Shabaat dengan membaca atau mendiskusikan Torah, menghadiri sinagoga atau bersosialisasi dengan Yahudi lainnya pada jamuan Shabbat

Hari Libur Yahudi
Orang-orang Yahud merayakan beberapa hari penting dan kejadian penting dalam sejarahnya, seperti:
  • Paskah: Liburan ini berlangsung selama tujuh atau delapan hari dan merayakan kebebasan Yahudi dari perbudakan mesir. Secara khusus, Paskah mengacu pada kisah alkitab dimana ketika Tuhan Yahudi “ melewati” rumah keluarga Yahudi dan menyelamatkan anak-anak mereka selama wabah yang dikatakan telah membunuh semua bayi sulung di mesir.
  • Rosh Hashanah: Yahudi merayakan kelahiran alam semesta dan manusia selama liburan ini, yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Yahudi.
  • Yom Kippur: "Hari Penebusan" ini dianggap sebagai hari tersuci tahun ini bagi orang Yahudi yang biasanya menjalankannya untuk berpuasa dan berdoa.
  • Yamim Noraim: 10 hari yang dimulai dengan Rosh Hashanah dan berakhir dengan Yom Kippur dikenal sebagai Yamim Noraim. Ini dianggap sebagai saat pertobatan bagi orang-orang Yahudi.
  • Hanukah: Sebuah perayaan Yahudi, juga dikenal sebagai "Festival Cahaya", berlangsung selama delapan hari. Ini memperingati penyucian kembali Bait Suci Yahudi di Yerusalem setelah orang-orang Makabe mengalahkan orang-orang Syria-Yunani lebih dari 2.000 tahun yang lalu.
  • Purim: Ini adalah liburan yang menggembirakan yang merayakan saat orang-orang Yahudi di Persia diselamatkan dari pemusnahan.

Belum ada Komentar untuk "Fakta-Fakta Penting Tentang Agama Yahudi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel