Mengapa Anda harus Kuliah?

Ketika anda sudah menyelsaikan pendidikan dasar selama 12 tahun, biasanya anda akan dihadapkan terhadap dua pilihan, pertama apakah anda akan melanjutkan kuliah? apakah anda ingin melanjutkan kerja? Tentunya setiap orang akan memilih berbeda-beda sesuai mana yang ia suka. Banyak orang bilang "Tidak perlu kuliah untuk menjadi seorang kaya dan sukses". Ok that's right, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Sekarang jika kita melihat realitas dan berkaca pada data yang bertebaran dimana-mana, lebih banyak mana orang yang sukses dengan berkuliah atau tidak berkuliah? anda sudah tahu jawabannya yang mana. Lalu anda mengatakan kepada saya "Bill gates, Mark Zuckerberg  ngga kuliah tuh tapi sukses". Ok itu memang bener, tapi setidaknya mereka pernah mengenyam pendidikan tinggi walaupun sebentar saja, dan universitas mereka sendiri bukan universitas sembarangan. Mereka Jebolan Harvard University yang notabennya salah satu universitas terbaik di dunia. Anda tidak bisa menyamakan diri anda dengan mereka. Setiap orang mempunyai kemampuan berbeda-beda dan dibesarkan dilingkungan berbeda. Tidak usah basa basi,  dalam tulisan kali ini saya akan menjabarkan kenapa anda harus memilih kuliah ketika sudah menamati masa SMA.

1. Kuliah melatih Anda berpikir lebih tajam  
source: picserver.org
Tentunya akan terasa sekali terlihat pemikiran seorang yang telah menempuh kuliah dengan lulusan SD, SMP, atau pun SMA. Dalam hal ini seorang yang lulus kuliah harusnya sudah mempunyai pemikiran yang tajam dan mampu menganalisa lebih jauh terhadap permasalahan yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan menganalisa inilah yang akan digunakan untuk bertahan hidup kedepannya. Dengan kemampuan ini seorang yang telah berkuliah diharapkan mampu membaca arah pergerakan zaman dan mampu menyesuaikan diri. Karena dalam kegiatan berkuliah seorang mahasiswa memang dilatih untuk terbiasa berpikir menganalisa lebih jauh. Ingatlah selama berkuliah anda dibentuk menjadi pribadi yang mempunyai tingkat intelektualitas yang tinggi.
2. Kuliah mengajarkan Anda untuk bertanggung jawab kepada diri sendiri
source: wikihow.com
Tentunya berbeda dengan kehidupan anak  SD, SMP, SMA dimana anda masih diarahkan dalam mencapai target tertentu. Dalam kehidupan perkuliahan anda harus menentukan target anda sendiri. Anda bebas menentukan target anda selama kehidupan perkuliahan. Anda bebas menentukan kegiatan mana yang menjadi prioritas anda selama kehidupan perkuliahan? Kegiatan yang anda lakukan selama perkuliahan paling tidak berpangaruh besar terhadap langkah anda kedepannya pasca anda lulus kuliah nanti. Di kehidupan perkuliahan ini anda mulai bertanggung jawab kepada diri sendiri. Disini anda dituntut untuk mandiri atas kehidupan anda.
3. Berkuliah untuk mendapatkan pekerjaan yang  Anda Inginkan
source: flickr.com
Ada profesi-profesi tertentu yang anda dapatkan dengan cara berkuliah. Misalnya dokter, pengacara, ahli gizi, dll. Dimana anda harus menempuh kegiatan perkuliahan untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mustahil bagi anda menjadi dokter jika anda tidak berkuliah kedokteran. Jika anda nekat menjadi dokter tanpa bersekolah dokter maka anda bisa ditangkap oleh pihak berwajib karena anda dokter gadungan sekaligus melakukan tindakan malpraktek. Sebagian keahlian-keahlian khusus didapatkan dengan cara berkuliah.
4. Kuliah menciptakan koneksi pertemanan yang baik bagi masa depan
source: flickr.com
Jika anda berkuliah maka kemungkinan besar pasti anda akan berinteraksi dengan orang-orang yang mempunyai pemikiran yang berbeda dan mereka biasa disebut sebagai orang-orang intelektual. Dalam berinteraksi dengan teman-teman anda, anda akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sekaligus koneksi pertemanan yang baik bagi masa depan anda. Pertemanan selama perkuliahan akan sangat membantu anda ketika anda lulus ingin mencari pekerjaan atau pun berwirausahan. Disini anda lebih mempunyai jaringan pertemanan yang lebih luas dengan berkuliah dibandingkan hanya menempuh pendidikan dasar saja.
5. Kuliah membuat Anda menjadi pemimpin masa depan
source: centerstatebank.com
Hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin pertama, dimana intelektualitas yang anda dapatkan selama kuliah membuat anda mampu memimpin baik di lembaga negara ataupun swasta. Presiden kita pun semuanya telah menempuh pendidikan tinggi, bahkan mantan Presiden Habibie merupakan seorang profesor dalam bidang kedirgantaraan. Walaupun Habibie seorang lulusan dalam bidang teknik tapi ia piawai dalam memimpin bangsa dan negara. Karena tujuan utama dalam kehidupan perkuliahan anda dilatih untuk menjadi seorang pemikir ulung.
6.  Anda mempunyai kesempatan lebih besar mengubah jalan cerita Bangsa
source: kumparan.com
 Jika anda benar-benar mempelajari sejarah Indonesia ataupun sejarah bangsa lainnya maka tokoh-tokoh yang mengubah jalan cerita bangsa adalah tokoh-tokoh yang mempunyai intelektualitas yang tinggi, yang mana tokoh-tokoh tersebut lahir dari bangku perkuliahan. Tokoh-tokoh Renaissance yang mengubah jalan cerita bangsa eropa dari jalan kegelapan menuju jalan cahaya merupakan orang-orang yang menempuh pendidikan tinggi/kuliah. Tokoh-tokoh  yang berperan besar dalam proklamasi kemerdekaan RI baik dari golongan muda ataupun golongan tua merupakan orang-orang yang mempunyai intelektualitas yang tinggi. Jalan cerita sejarah pun selalu begitu dimanapun, orang-orang yang mempunyai intelektualitas yang tinggilah yang mampu mengubah jalan cerita sejarah. Contoh nyatanya lagi adalah peristiwa reformasi, dimana mahasiswa berperan begitu besar dalam peristiwa yang mengubah bangsa tersebut

Itulah alasan-alasan mengapa Anda harus kuliah? Semoga tulisan ini bisa menginspirasi anda kedepannya. Salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Anda harus Kuliah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel