Cara Agar Bisa Konsisten Belajar


Salah satu masalah  dalam belajar yang  sering menghinggapi  pelajar di Indonesia adalah masalah dalam “konsistensi belajar”. Jika tidak konsisten dalam belajar maka kita akan mempunyai kebiasaan menunda-nunda pekerjaan yang mana justru mendekatkan kita pada kegagalan dalam menggapai sesuatu. Masalah konsistensi dalam belajar jika tidak ditangani dengan betul maka jelas akan bisa mengancam kesuksesan seseorang dikemudian hari.  Ada beberapa tips dari tulisan ini yang mungkin bisa membantu anda agar mampu konsisten dalam belajar. Berikut adalah tips agar mampu konsisten dalam belajar:
 1.Menyingkirkan hal yang menggangu konsentrasi belajar


Hal yang paling dasar agar mampu bisa terus konsisten dalam belajar adalah dengan berusaha menyingkirkan gangguan yang biasanya memecah konsentasi kita dalam mempelajari sesuatu. Biasanya penyakit yang sering mengganggu dalam belajar adalah “smartphone”. Dizaman seperti  ini, rasanya orang-orang sulit melepaskan smartphone dari tangannya sehingga kita bisa melihat dimana-mana orang menunduk secara khusuk dengan smartphonenya dalam waktu yang terhitung lama. Para pelajar pun sama. Ketika ingin mulai belajar sesuatu mereka sulit melepaskan smartphone dari meja belajarnya. Dimana dering pemberitahuan dari smartphone sebenarnya sangat mengganggu dalam belajar krn mudah memecah konsenstrasi. Cobalah singkirkan smartphone sebentar, taruhlah smartphone ditempat yang sulit kita gapai ketika sedang belajar contohnya adalah “lemari baju”. Setelah itu kita wajib mematikan smartphone tersebut agar tidak berbunyi dan menganggu konsentrasi kita dalam belajar.

2. Perlu adanya Motivasi Interinsik
Perlu diingat bahwasannya kemauan orang dalam belajar didorong oleh yang namanya motivasi. Motivasi interinsik salah satunya,  yang bisa dibilang merupakan motivasi yang datang dalam diri sendiri yang murni kesadaran diri sendiri. Motivasi ini bisa dibilang merupakan motivasi yang mampu bertahan lama dibandingkan motivasi yang datangnya dari orang lain contohnya adalah motivator.  Motivasi interinsik sebenarnya ada berbagai macam jenis. Pertama bisa jadi kita belajar karena adanya keinginan untuk membahagiakan orang tua. Kedua bisa saja kita belajar karena ingin menjadi orang sukses di kemudian hari. Ketiga bisa jadi kita belajar karena timbul kesadaran dalam diri bahwasannya tugas manusia adalah memang belajar terlepas itu disekolah atau bukan. Motivasi ketiga ini merupakan motivasi  interinsik yang paling kuat dan paling tahan lama  karena belajar sudah merupakan kebutuhan dalam hidup bukan didorong karena adanya keinginan ingin sukses atau pun orang tua. Hal ini tentunya akan membuat kita terus konsisten dalam belajar tanpa terputus-putus. 

3. Perlunya rencana belajar


Ketika kita sudah melakukan kedua hal diatas tersebut maka sekarang yang dibutuhkan adalah rencana belajar untuk kedepannya. Hal ini mencakup apa saja yang mau kita pelajari atau yang ingin dicapai untuk kedepannya. Dalam hal ini kita perlu tiga rencana belajar yaitu rencana belajar jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Rencana jangka pendek bisa dibilang bersifat mingguan. Buatlah jadwal belajar selama seminggu kedepan. Rencana jangka menengah bisa dibilang bersifat bulanan. Kita bisa mematok sendiri apakah bersifat satu bulan, dua bulan, atau tiga bulan. Setelah itu rencana jangka panjang  yang bersifat tahunan. Tentunya dalam pembuatan rencana kedepan kita harus memikirkan kemampuan diri kita agar mampu menyesuaikan dengan rencana yang dibuat sehingga rencana tersebut paling tidak tercapai 70-100%. Selain itu kita harus memperhitungkan segala rintangan yang mengalangi rencana belajar kita kedepannya. 

4. Mencari tahu teknik belajar untuk diri sendiri
Hal ini amat penting dilakukan karena setiap orang mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda dan tidak bisa disamakan dengan lain. Gaya belajar seseorang biasanya terbagai menjadi 4: Pertama kinestetik, kedua visual, ketiga berbasiskan suara(audio), dan terakhir kombinasi dari semuanya. Kita paling tidak harus mengetahui gaya belajar mana yang cocok bagi kita sehingga kita dapat belajar secara nyaman. Kenyamanan yang didapatkan dalam belajar tersebut membuat kita akan mampu terus konsisten dalam belajar.  Banyak situs-situs yang bertebaran di google yang membantu kita untuk mengetahui gaya belajar yang cocok diterapkan pada diri kita. Jadi carilah di google sekarang juga. 

5. Mencari role model

 Pada dasarnya setiap manusia berusaha meniru satu sama lain, baik meniru total atau pun meniru secara parsial. Tentunya hal ini tidak masalah, asalkan yang ditiru merupakan hal baik. Salah satu agar kita mampu konsisten dalam belajar adalah mempunyai role model yang mampu memberikan contoh yang baik bagi kita sehingga kita mampu semangat dalam belajar. Contohnya jika anda seorang mahasiswa fisika tentunya mungkin anda mengidolakan seorang Albert Einstein dan berusaha sejenius dia. Einstein memang jenius dan mampu mengubah dunia. Tapi Einstein adalah seorang yang giat belajar sehingga ia mampu mencapai apa yang diinginkan. Jadikanlah Einstein menjadi role model secara menyeluruh jangan hanya kejeniusan saja tapi usahanya juga. Anda bebas menjadikan siapa saja sebagai role model anda. Jika anda sudah menemukannya dijamin anda akan termotivasi dan mampu konsisten dalam belajar. 

6. Terus berlatih
Setelah anda sudah melakukan semua hal diatas tersebut maka yang perlu anda lakukan sekarang adalah terus berlatih sesuai  apa yang anda pelajari. Dengan terus berlatih membuat kita terus mengevaluasi apa kekurangan dalam belajar kita selama ini. Ketika kita mengetahui adanya kelemahan tersebut maka kita wajib untuk memperbaikinya agar  terus lebih baik. Ingatlah latihan semakin membuat semuanya sempurna.

Itulah tips agar konsisten dalam belajar. Semoga tips tersebut mampu membuat kita bisa konsisten kedepannya. Salam hangat dari penulis.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Bisa Konsisten Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel