Film yang Memotivasi Belajar

Mendapatkan motivasi belajar bisa dari mana saja, termasuk dalam hal ini dari film. Orang-orang yang kesulitan dalam mendapatkan motivasi dari belajar bisa saja mendapatkan motiviasi belajar tersebut dari film yang ia tonton. Mungkin ketika nonton film tersebut kita sadar bahwasannya ada yg salah dalam dalam belajar kita, sehingga membuat kita malas dan bosan dalam belajar. Atau bisa jadi kita akan tersadar bahwasannya orang yg tidak beruntung saja tetap semangat belajar dibandingkan diri kita yang jauh lebih beruntung.  Hal ini secara tidak langsung menyadarkan kita untuk terus rajin belajar kedepannya. Berikut ini adalah film yang bisa memotivasi belajar anda baik sebagai siswa atau pun mahasiswa:

1. 3 Idiots

Bisa dibilang film dari India ini merupakan film nomor satu dalam memotivasi anda dalam belajar. Dalam film ini mungkin orientasi anda tentang belajar di sekolah atau pun dikampus akan berubah. Film tersebut mengajarkan bahwasannya manusia harus menjadi pembelajar seumur hidup bukan semata-mata hanya demi pekerjaan saja. Selain itu ada pesan mulia yg disisipkan dalam film tersebut "jika kita berilmu maka rezeki akan mengikuti". Film ini sebenarnya juga membawa pesan sindiran kepada sistem pendidikan yang ada di India yang sebenarnya tidak jauh beda dengan Indonesia dimana orientasi belajar disekolah hanya terpaku dengan nilai yang ada di kertas.

2.  Good Will Hunting
 Ketika melihat bagian awal film ini mungkin terlihat membosankan, tapi lama kelamaan film tersebut bisa dibilang mulai menampakan sesuatu yang bagus. Film ini sendiri bisa dibilang merupakan film yang memiliki jalan cerita rumit. Film ini berceritakan tentang seorang pemuda yang hidupnya urakan namun mempunyai kejeniusan yang luar biasa krn ia sendiri mempunyai semangat belajar yang tinggi. Pemuda tersebut bukan datang dari kelas terpandang dan kaya, ia hanya seorang pekerja kasar. Ada momen bagus dalam film tersebut yang bisa dibilang keren. Ketika ia bekerja sebagai tukang sapu di kampus top dunia MIT ia berhasil memecahkan masalah matematika yang rumit. Profesor matematika MIT bingung bagaimana seorang pekerjaa kasar yang tidak mengenyam pendidikan kuliah bisa memecahkan masalah matematika yang rumit. Disini kita belajar ditengah kekurangan kita, kita harus tetap belajar.
(Bacaan menarik: Mengapa Anda Harus Kuliah?)

3. The Theory of Everything
 Film ini merupakan film biografi ilmuwan terkenal Stepen Hawking yang mempunyai pengaruh besar dalam bidang ilmu pengetahuan terutama bidang fisika dan astronomi. Sebenarnya film ini lebih banyak menceritakan kisah percintaan hawking serta perjalanan hidupnya yang mana dia nantinya menderita penyakit ALS. Dalam film tersebut sebenarnya ada pesan moral yang disampaikan. Walaupun Hawking menderita penyakit ALS, dia masih bersemangat untuk belajar dan menyebarkan ilmunya ke semua orang.  Kita yang diberikan fisik yang baik dan sehat seharusnya juga semangat dalam menuntut ilmu.

4. The Man Who Knew Infinity

Film ini berkisahkan tentang ilmuwan matematik yang sangat legendaris dari India yaitu Ramanujan. Film ini sama seperti film diatas yaitu film biografi. Ramanujan bisa dibilang merupakan sosok yang luar biasa. Ia hidup di daerah kecil Madras India , bisa dikatakan ia merupakan seorang yang miskin. Namun ditengah  situasi tersebut ia tetap belajar matematika walaupun secara otodidak. Sampai nanti pada suatu momen ia berhasil berkuliah di Cambridge yang mana berhasil melambungkan namanya disana, sekaligus mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan di tanah Inggris karena ia seorang India. Ramanujan bisa dibilang merupakan sosok yang religius, yang mana menurut dia, ilmu yang ia dapatkan selama ini merupakan dari Tuhan. Sampai nanti pada puncaknya atas bimbingan Profesor Hardy ia berhasil menjadi seorang pelopor teori matematika yang terkenal.

5. Laskar Pelangi

Bisa dibilang film lokal ini wajib ditonton oleh semua orang bukan hanya pelajar saja. Film ini bisa menjadi bahan renungan bersama bagi semua orang, terutama para pelajar. Di film tersebut digambarkan pendidikan ditengah kondisi fasilitas yang tidak layak, namun murid-muridnya masih semangat belajar. Hal ini sebenarnya banyak terjadi di wilayah Indonesia lainnya. Seharusnya kita malu pada diri sendiri, ditengah melimpahnya fasilitas belajar yang baik kita masih saja bermalas-masalan untuk belajar. Saudara kita yang ditengah kekurangan fasilitas belajar malah jauh lebih bersemangat belajar.

Belum ada Komentar untuk "Film yang Memotivasi Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel