10 Cara Masuk PTN Favorit tanpa Bimbel Mahal

Tulisan ini terinspirasi berdasarkan berita yang dikeluarkan oleh kumparan. Dimana para siswa-siswi rela mengeluarkan uang untuk bimbel mewah yang harganya fantastis. Bimbel-bimbel tersebut menawarkan program untuk kuliah di PTN favorit terutama sekelas UI, ITB, dan UGM.  Kedengarannya memang lebay tapi itulah realitanya. Betapa mahalnnya biaya bimbel tersebut terutama bagi kalangan orang-orang miskin. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar dibawah yang saya dapatkan dari kumparan. (Ingat data ini hanya menggambarkan sebagian kecil saja)

Oke saya tidak bisa menyalahkan bimbel ini, apalagi salah satu bimbel di atas adalah milik dosen jurusan saya sendiri. Dalam hal ini, keberadaan bimbel-bimbel tersebut justru melahirkan persepsi bahwasannya harga untuk masuk PTN favorit itu mahal. Disini dampak psikologis secara tidak langsung tercipta terutama dari kalangan siswa-siswi yang tidak mampu secara ekonomi. Mereka merasa tidak mampu bisa masuk PTN favorit tanpa mengikuti bimbel mewah tersebut. Disini tercipta kesenjangan antara siswa-siswi yang kaya dan miskin. Seolah-olah hanya siswa-siswi kaya saja yang bisa memasuki PTN favorit karena mereka punya akses fasilitas pendukung seperti guru berkualitas.

Oke bimbel-bimbel masuk PTN selama ini ada bukan karena memang diniatkan ada. Menurut pandangan saya mereka hadir karena kualitas pendidikan, terutama perangkat guru tidak mampu mengajar soal seleksi masuk PTN baik itu SBMPTN atau pun ujian mandiri. Memang bisa dibilang soal masuk itu jauh lebih sulit karena butuh penalaran dalam pengerjaannya. Mungkin dugaan saya selama ini, guru-guru disekolah lebih diarahkan pada Ujian Nasional maka sebab itu tidak sempat mengkaji dan mengajar soal SBMPTN ataupun ujian mandiri.

Saya punya pengalaman mengajar SBMPTN bidang soshum kurang lebih 4 tahun. Saya disini lebih suka dibilang patner dan pemberi saran, dibandingkan seorang guru. Sebenarnya dalam hal ini siswa-siswi tetap bisa masuk ptn favorit tanpa bimbel sekalipun. Lantas bagaimana caranya masuk ptn favorit tanpa bimbel mahal? Cara-cara yang saya jabarkan telah saya pakai selama mengajar dan terbukti efektif. Bukannya bermaksud sombong, saya telah mengantarkan murid-murid saya termasuk adik saya sendiri ke kampus terkenal di depok.

Saya tekankan sekali lagi saya lebih berperan sebagai patner dan sebagai pemberi nasihat semata, langkah-langkah apa yang mesti dilakukan agar masuk PTN favorit. Keberhasilan murid-murid saya ditentukan oleh mereka sendiri. Saya selalu menganjurkan agar belajar mandiri tanpa saya. bisa dibilang konstribusi saya kecil sekali dalam mengajar lebih banyak sebagai penasihat. Oke berikut ini nasihat dan cara yang saya berikan selama bertahun-tahun kepada murid saya. INGAT TIDAK PERLU BIMBEL MAHAL UNTUK MELAKUKAN SEMUA INI. 

1. Konsisten
Ini merupakan syarat yang paling utama dalam untuk sukses masuk ptn favorit dimanapun. Tanpa konsisten jangan pernah bermimpi untuk masuk PTN favorit. Walaupun Kalian sudah les puluhan juta tanpa mempunyai sifat ini maka semuanya akan sia-sia. Konsisten ini menurut saya sulit dilakukan. Banyak godaan yang menyertainya. Lantas bagaimana agar bisa konsisten? Manusia itu bisa termotivasi untuk bergeraka karena dua hal saja. Pertama karena cinta, kedua karena rasa takut. Saya memberi pilihan kepada murid saya selama ini. Mau pilih yang mana? kebanyakan mereka memilih rasa takut. Mereka takut kalau gagal masuk PTN mengecewakan orang tua, takut disuruh kerja, takut gagal dan mengulang tes lagi tahun, dll. Jika kalian punya ketakutan seperti contoh diatas maka mulailah menanamkan dalam pikiran Kalian. Ketika kalian MALAS ingatlah ketakutan tersebut. Atau Kalian bisa memilih rasa cinta sebagai penggerak agar terus belajar.

2. Penjadwalan Belajar yang Rapi
Setelah memiliki sifat konsistensi maka sekarang yang perlu dilakukan adalah membuat jadwal pembalajaran yang rapi dan harus dilakukan SETIAP HARI. Buatlah jadwal dalam bentuk kertas yang ditempelkan di meja belajar atau di dinding kamar. Kalian cukup menyisihkan waktu 1-2 jam sehari untuk melakukan hal tersebut. Dalam membuat jadwal usahakan pelajaran setiap harinya berganti. Misalkan hari senin belajar ekonomi, hari selasa belajar sejarah, hari rabu belajar geografi, hari kamis bahasa inggris, dst. Lakukan ini secara konsiten. buatlah reward pada diri kalian jika berhasil belajar sesuai jadwal agar kalian tetap bersemangat.

3. Penguasaan konsep
Ini hal yang amat penting dilakukan. Soal-soal SBMPTN  atau pun ujian sendiri merupakan soal penalaran yang membutuhakn pemahaman materi yang  baik dari peserta ujian. Hal ini, bisa dilakukan dengan cara benar-benar menguasai konsep pelajaran yang diujikan dengan baik. Contohnya, berbicara hukum permintaan dan penawaran bukan serta merta teori yang harus dihapalkan yang mana hukum permintan sendiri berbunyi "jika harga naik maka jumlah permintaan turun". Kalian harus benar-benar memahami konsep permintaan-penawaran tersebut. Ingatlah soal SBMPTN atau pun ujian mandiri kalian tidak akan pernah ditanyakan bunyi hukum permintaan dan penawaran, tetapi harus menganalisis lebih jauh lagi atau pun penerapannya dalam contoh kasus.


4. Gunakan Zenius.net
Saya disini bukan marketing zenius, tapi saya suka produk ini. Saya selalu menyarankan murid-murid saya untuk menggunakan produk ini. Kenapa? Karena disini para siswa-siswi mendapatkan pemahaman yang baik akan konsep suatu pelajaran. Memang masih ada kekurangan dalam zenius itu sendiri terutama pelajaran soshumnya yang kurang lengkap. Tapi paling  tidak, zenius memberikan pemahaman konsep yang baik. Memang produk ini berbayar namun produk ini jauh lebih murah dibandingkan kalian ikut bimbel puluhan juta. Kalian bisa mengakses zenius secara online di manapun asal terhubung internet.


5. Latihan Soal
Dalam pembuatan jadwal sebisa mungkin Kalian menyisipkan latihan soal. Latihan soal ini diperlukan agar mengukur sejauh mana pemahaman Kalian menguasai materi. Saya ada tips mengerjakan soal. Jika pada hari senin kalian belajar ekonomi, maka tentunya kalian akan latihan soal ekonomi entah itu bab apapun. Disini cobalah kalian terlebih dahulu mengerjakan soal latihan tanpa melihat  pembahasan. Setelah itu cobalah kalian mengejarkan soal latihan tersebut dengan melihat buku atau pun internet. Disitu kalian bisa mendapatkan perbandingan jawaban kalian antara melihat buku&internet dan tanpa melihat. Latihan-latihan tersebut nantinya bisa menjadi evaluasi kedepannya, materi apa saja yang perlu diperbaiki pemahamannya.

6. Kumpulkan Soal SBMPTN, serta ujian mandiri lainnya.
Kenapa mesti mengumpulkan soal-soal tersebut? Hal ini dilakukan untuk menganalisa soal permata pelajaran. Contoh begini, saya mengumpulkan soal-soal sejarah dari tahun 1991 sampai 2018. Selain mengumpulkan saya  juga memprint soal tersebut. Disitu saya melakukan pengklasifikasian soal berdasarkan babnya, misalnya 'bab masa pergerakan nasional'. Informasi ini diperlukan untuk melihat  kecendrungan soal "bab pergerakan nasional"apa saja yang suka diujikan. dalam tes selama ini? Selain itu saya juga menyimpulkan lebih banyak soal-soal indonesia modern dari awal abad 20 sampai reformasi yang sering diujikan. Atau saya juga pernah menyimpulkan bahwasannya materi permintaan-penawaran dan elastisitas selalu diujikan setiap tes masuk ptn, sejak tahun 1991 sampai 2018. Selain itu pengklasifikasian ini juga penting dilakukan untuk membandingkan taraf kesulitan soal. Contohnya saya menyimpulkan bahwasannya soal SIMAK UI jauh lebih sulit dari SBMPTN. Mungkin hal tersebut sulit dilakukan jika kalian tidak punya soal-soalnya. Oke kalian bisa mendownload kumpulan soal dan pembahasan saintek(1982-2018) disini dan soshum(2002-2018) disini. Disitu kalian bisa membandingkan sendiri dan menyimpulkan sendiri. Murid saya selama ini disuruh oleh saya untuk melakukan hal tersebut, agar bisa membandingkan sendiri dan menganalisa soal apa saja yang selama ini sering diujikan. Mungkin hal ini melalahkan tapi hal ini saya jamin kalian nantinya akan bisa belajar efektif dan lebih terarah.

7. Membuat Grup Belajar
Saya pernah berkesempatan sekali mengajar di Ruang Guru Digital Bootcamp. Simplenya ini merupakan grup belajar online berbasikan Line. Disini terjadi tanya jawab antara pengajar dengan murid-murid disana. Hal ini terbuktif efektif dalam belajar SBMPTN hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak yang masuk PTN. Walaupun menurut saya sendiri ini mempunyai kelemahan, bagaimanapun belajar yang efektiv adalah terjadinya interaksi langsung antara pengajar dan muridnya. Saya mencoba cara yang sama kepada murid saya dan ini terbukti efektif, terutama dalam sesi tanya jawab soal. Pada akhirnya mereka semua bisa belajar mandiri dan terjadi tanya jawab antar murid dan saling bertukar pikiran. Oke kalian bisa bikin grup belajar yang kalian inginkan. INGAT CARILAH TEMAN-TEMAN YANG BENAR-BENAR NIAT BELAJAR BUKAN UNTUK NGERUMPI. Jika sudah berhasil, maka grup tersebut sangat bermanfaat.

8. Mencari Mentor
Sebenarnya opsi ini opsional tidak wajid dilakukan yah bisa dikatakan hukumnya sunnah. Seperti yang saya sebutkan tadi bahwasannya saya lebih sebagai patner dan penasihat dalam hal ini juga termasuk mentor. Saya disini selalu mengingatkan murid-murid saya agar senantiasi konsisten belajar. Jika memang ada kesulitan dalam belajar saya berusaha membantu mereka. Saya siap ditanyakan berbagai macam hal yang berkaitan dengan SBMPTN atau pun ujian mandiri lainnya. Saya rasa, saya selama ini dibayar untuk hal tersebut selama bertahun-tahun. Sebenarnya Kalian bisa saja melakukan hal tersebut tanpa perlu membayar yaitu dengan mengikuti grup-grup belajar SBMPTN atau pun ujian mandiri lainnya. Disana kalian bisa menanyakan berbagai macam hal termasuk soal-soal yang kalian tidak mengerti selama ini.

9. Ikuti Tryout SBMPTN
Oke semua cara sudah dilakukan maka tinggal step terakhir yaitu mengikuti Tryout. Mengapa hal ini penting dilakukan? Karena untuk mengukur sejauh mana kemampuan kalian diluar. Selain itu TO juga mensimulasikan situasi SBMPTN sesungguhnya. Sebisa mungkin terus ikuti TO yang diadakan dikota-kota kalian. Hal ini penting dilakukan agar kalian juga terbiasa dengan situasi SBMPTN yang persaingannya ketat. Umumnya hasil TO SBMPTN merupakan passing grade. Passing grade ini sendiri sebenarnya bukan ukuran standar penilaian SBMPTN yang asli. Hal ini cuma menggambarkan sejauh mana kalian menguasai soal, berapa persentasi yang benar? Bagaimana pun passing grade membantu kalian untuk mengevaluasi lebih jauh dimana kekurangan kalian belajar selama ini? Semakin banyak mengikuti TO maka semakin bagus. Semakin kalian terlihat siap. Tapi ingat ketika melihat hasil TO rendah jangan patah semangat. Jika tinggi juga jangan besar kepada. Tetaplah konsiten dalam belajar dan terus memperbaiki diri.


10. Doa
Setelah selsai semua rangkaian tersebut tutuplah dengan doa. Mohonlah diberikan yang terbaik oleh Tuhan YME.  Tuhan itu maha adil. Tuhan selalu memberikan hal yang terbaik buat hambanya. Tuan itu adil memberikan rezeki sesuai dengan usahanya. Janganlah takabur, karena takabur akan membuat kalian terpleset dan terkena karma. Tetap semangat.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Masuk PTN Favorit tanpa Bimbel Mahal "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel