4 Cara Meningkatkan Memori Otak Dari Universitas Harvard

 Salah satu organ manusia yang berfungsi untuk berpikir adalah otak. Kemampuan otak tersebut dipengaruhi oleh memori otak atau biasa disebut daya ingat. Memori tersebut berperanan penting dalam menyimpan informasi yang kita dapatkan dari lingkungan. Kebanyakan orang merasa mereka mempunyai daya ingat yang payah. Padahal memori otak sendiri bisa ditingkatkan dan terus dilatih. Berikut ini, merupakan 5 cara meningkatkan memori otak dari Universitas Harvard:

1. Menjadi Pribadi Terorganisir
Salah satu yang membuat kinerja memori otak kepayahan karena kita terbiasa berantakan mengorganisir kehidupan kita. Mulai sekarang biasakanlah menjadi orang yang terorganisir terutama dalam yang ingin dikerjakan. Gunakanlah kalender, buku catatan, atau pun buku agenda. Disini susunlah pekerjaan yang ingin dilakukan, catatlah hal-hal yang penting yang terjadi pada hari ini, serta jangan lupa mengevaluasi apa yang menjadi kekurangan hari ini.

2. Ingatlah poin-poin penting
Begitu banyak informasi yang kita dapatkan selama seharian. Entah itu dari manapun. Jika kita berusaha mengingat semua informasi itu tidak akan mungkin. Hal yang paling realistis untuk dilakukan adalah mengingat poin-poin penting saja. Disini biasakan mencatat poin-poin penting tersebut. Usahakan catatan yang kita buat berada di agenda kita ataupun di note smartphone kita. Jangan lupa buatlah serapi mungkin poin-poin penting tersebut agar nantinya mudah mencarinya.

3. Fokus
Salah satu kunci terpenting agar mampu menyerap informasi dengan baik adalah fokus. Ketika informasi datang dan diterima oleh panca indera yang kita miliki fokuslah. Ketika kita menerima informasi tentang gambar maka fokuslah dengan mata kita. Jagalah mata kita agar tetap konsentrasi agar informasi yang kita terima masuk ke dalam otak dengan baik. Jangan lupa jika sudah selsai menerima informasinya maka catatlah detail pentingnya.

4. Terus Belajar Hal Baru
Kebanyakan orang-orang menyalahkan umur ketika mereka kesulitan mengingat sesuatu. Mereka beralasan semakin tua umur semakin sulit mengingat informasi yang ada. Padahal yang sebenarnya terjadi karena kita malas menggunakan otak kita. Otak sama halnya dengan pisau. Jika jarang dipakai maka akan tumpul sama halnya seperti otak kita.  Mulai sekarang kita usahakan belajar-belajar hal baru. Hal yang kita pelajari ini akan membuat otak kita bekerja yang secara otomatis meningkatkan daya memori otak kita.


Belum ada Komentar untuk "4 Cara Meningkatkan Memori Otak Dari Universitas Harvard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel