Alasan Untuk Kuliah di Jerman

 source: all-free-photos
Kualitas Universitas diJerman itu relatif sama bagusnya untuk berbagai jurusan. Jadi, kurang tepat kalau Anda menanyakan universitas mana yang paling bagus atau terbaik di Jerman.Karena hampir semuanya sama. Biasanya informasi yang Anda dapat dari para alumni atau mahasiswa yang sedang kuliah di sana punakan seperti itu. Memang tetap ada perbedaan kualitas antara jurusan A di Universitas X dengan jurusan A di Universitas Y. Tetapi, itu bukan faktor yang relevan untuk dipertimbangkan secara serius karena perbedaan kualitasnya relatif kecil.

Pendidikan di Jerman itu amat disiplin dan orangnya terkenal rasional dalam berbagai hal. Untuk bisa lulus ujian, anda harus memenuhi standard lulus yaitu bisa menjawab 65% dari soal. Artinya, skor anda dalam ujian harus 65% baru diluluskan oleh Profesor anda. Jika anda 3 kali tidak lulus pada mata kuliah yang sama, maka anda akandi-DO. Hal semacam itulah yang membuat Jerman masuk deretan negara terbaik di dunia dari segi pendidikan. Oleh karenanya Anda harus memiliki niat yang bulat dan keseriusan saat memutuskan untuk kuliah di Jerman.

Jerman sendiri bisa dikatakan tempat yang ideal untuk menempuh studi pendidikan tinggi. Ada tiga alasan kenapa kuliah di Jerman. Berikut adalah alasannya:
1. Biaya Kuliah Gratis
Seperti yang sering kita dengar. Kuliah di Jerman mayoritas memang gratis.Memang ada beberapa Negara bagian yang memberlakukan biaya kuliah, tapi itupun tidak terlalu mahal. Bahkan dengan memilih universitas yang gratis kita bisa kuliah gratis dari S1 sampai dengan S3.

2. Kualitas Nomor Satu
Mengenai kualitas,Jerman tidak perlu dipertanyakan. Mereka sangatlah fokus dalam memperhatikan dan mengembangkan kualitas pendidikan dan institusinya.Jadi bisa dibilang perbedaan kualitas antarasatu universitas dengan universitas lainnya tidak jauh berbeda.

3. Kuliah Sambil Kerja
Jerman juga sangatterkenal untuk peluangkerja sambil kuliah. Hal inisangat dimungkinkan bagiAnda yang ingin menambahuang saku, atau mung- kinmenggantungkan hidupdari hasil bekerja. Adapembatasan jam kerja saatmusim kuliah, tapi saatmusim panas (liburan) Andabisa bekerja dengan waktupenuh. Jenis pekerjaannyapun sangat bervariasi.Tingkatkan kemampuan diridan Anda akan mendapatkanpekerjaan dengan gaji yangsangat layak.

BIAYA KULIAH
Biaya kuliah di setiap negara bagian di Jerman berbeda-beda dan kerap berubah-ubah. Di beberapa negara bagian gratis danbeberapa negara bagian lain harus bayar. Jika uang iuran semester hanya sekitar 230 Euro atau tiga juta rupiah, maka uang kuliah per semester, jika tak gratis berkisar antara 500 Euro –600 Euro per semester.

BEASISWA
Ada program beasiswa Jerman yang paling populer ditawarkan yaitu Development-Related Postgraduate Courses. Program inidiperuntukkan bagilulusan S1 atau S2 darinegara berkembang yang ingin memperoleh gelar pascasarjana atau doktoral di institut pendidikan tinggi Jerman yang meliputi universitas dan Fachhochschulen(universitas ilmu terapan).Studi akan berlangsung12–24 bulan, tergantung dari universitas yang bersangkutan.

sumber: Study 20 Country
penulis: Palbis Amatory

Belum ada Komentar untuk "Alasan Untuk Kuliah di Jerman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel