LPDP Universitas di Australia

Pada umumnya, beasiswa LPDP menyediakan pendanaan untuk melanjutkan perkuliahan ke jenjang S2 dan S3 baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah daftar universitas di Australia yang bekerjasama dengan LPDP:

a. Australian National University
Universitas Nasional Australia (TheAustralian National University; disingkat ANU) adalah sebuah universitas yang terletak di Canberra, ibu kota Australia. Universitas ini memiliki tujuh fakultas utama dan beberapa institutyang lain. Dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, ANU diberi peringkat ke-23 dari 200 universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education Supplement. Pertama kali didirikan pada tahun 1946 oleh Parlemen Australia. Awalnya universitas ini hanya dibuka untuk mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2. Barulah pada tahun 1960 universitas ini melakukan pengembangan secara fisik dan membuka pendaftaran untuk jenjang pendidikan S1.
b. University of Melbourne
Universitas Melbourne (bahasa Inggris: University of Melbourne), terletak di Melbourne, Victoria (Australia), ialah universitas tertua kedua di Australia, dan tertua di Victoria. Universitas ini memiliki hampir 40.000 mahasiswa, dan didukung oleh hampir 6.000 staf. Pada tanggal 15 November 2005, Vice Chancellor Glyn Davis mengumumkan sebuah program perubahan yang dinamai Growing Esteem. Di dalam program ini, University of Melbourne akan mencoba untuk mengonsolidasikan ketiga aktivitas utamanya: Riset, Pembelajaran, dan pemindahan Pengetahuan-untuk menjadi salah satu lembaga terbaik didunia.

c. University of Sydney
University of Sydney (atau Sydney University, USyd atau hanya Sydney) adalah universitas tertua di Australia. Universitas ini didirikan di Sydney tahun 1850. Tahun 2009,universitas ini memiliki 47.775 mahasiswa yang menjadikannya universitas terbesar kedua (setelah Monash University) di Australia. University of Sydney adalah anggota dari Group of Eight Australia, Academic Consortium 21, Association of Pacific Rim Universities(APRU) dan Worldwide Universities Network.

d. University of Queensland Australia
University of Queensland Australiaa dalah universitas negeri yang berlokasi di negara bagian Queensland, Australia. Universitas ini didirikan pada tahun 1909 dan menjadi yang tertua di Queensland, atau kelima tertua di Australia. Universitas Queensland selalu memiliki peringkat di antara tiga lembaga pemeringkat perguruan tinggi di dunia (QSWorld University Rankings, Academic Rankingof World Universities, dan Times Higher Education World University Rankings) dan menjadi salah satu universitas terbaik di Australia.

e. University of New South Wales
Universitas New South Wales, juga dikenal sebagai UNSW atau secara istilah sebagai New South, adalah sebuah universitas yang terletak di Kensington, pinggiran kota Sydney, New South Wales, Australia. UNSW didirikan atas persetujuan parlemen New South Wales pada tahun 1949. UNSW awalnya merupakan bagian dari Sydney Mechanic Institute. Namun pemerintah New South Walesyang ingin mendirikan Universitas yang mengkaji sains dan teknologi.UNSW lahir setelah memisahkan diridari Sydney Technical College pada tahun1949.

f. Monash University
Universitas Monash (Monash University) adalah salah satu universitas terbesar di Australia. Kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria, Australia. Universitas ini didirikan pada tahun1958 dan mulai menerima mahasiswa-mahasiswi pertamanya pada tahun 1961. Nama universitas ini berasal dari nama seorangj enderal penting Australia, Sir John Monash. Monash University memiliki beberapa fakultas diantaranya; art and design, arts,business&economics, education, engineering,information technology, law, medicine-nursing-health science, pharmacy, dan science. Selain dari kampus-kampus utama yang disebut di atas ini, ada juga institusi milik Universitas Monash bernama Monash College. Monash College adalah institusi di mana calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk masuk kuliah di Universitas Monash (atau pun perguruan tinggi yang lain). Institusi Monash College terdapat di Australia (Clayton, Melbourne), Indonesia (Jakarta), Sri Lanka (Kolombo), Singapura dan Tiongkok (Guangzhou).

g. University of western
AustraliaUniversity of Western Sydney, juga dikenal dengan sebutan UWS, adalah sebuah universitas di Western Sydney, New SouthWales, Australia, yang masuk dalam 600 universitas teratas dunia oleh Times Higher Education. UWS adalah institusi pendidikan yang menyediakan mata kuliah sarjana dan pascasarjana. Banyak peneliti UWS yang memegang reputasi secara internasional. Dalam beberapa tahun belakangan, UWS membuka sebuah sekolah medis. Bila semua kampus UWS  digabung, semuanya dapat mencapai 4.050 hektare. Tahun 2006, universitas ini memiliki 35.061 mahasiswa dan 1.192 staf akademik(penuh waktu), menjadikannya universitas terbesar ketiga di Sydney menurut jumlah mahasiswa

h. University of Adelaide
University of Adelaide adalah universitas negeri di Adelaide, Australia Selatan.Didirikan pada tahun 1874, Universitas Adelaide adalah universitas tertua ketiga di Australia. Universitas ini memiliki lima kampus diseluruh negara bagian: North Terrace; Kolese Roseworthy di Roseworthy; Lembaga Waitedi Urrbrae; Thebarton; dan Pusat Anggur Nasional di Adelaide Park Lands. Memiliki kampus keenam, Ngee Ann – Pusat Pendidikan Adelaide (NAAEC), di Singapura

i. Macquarie University 
Macquarie University adalah sebuah universitas umum dan universitas riset yang terletak di Sydney, dengan kampus utamanya terletak di Macquarie Park. Didirikan tahun1964 oleh Pemerintah New South Wales, Macquarie University adalah universitas ketiga yang didirikan di wilayah metropolitan Sydney. Universitas ini terdiri dari empat fakultas dengan sekitar 33.000 mahasiswa dan memiliki 2.221 (penuh waktu) staf akademik dan profesional, menjadikannya universitas terbesar keempat di Sydney. Saat ini, Universitas Macquarie menawarkan 87 mata kuliah sarjana dan 124 mata kuliah pascasarjana kepada mahasiswa.

j. RMIT University
RMIT University adalah universitas negeri di Australia yang terkenal dengan teknologi dan desain. Kampus RMIT terletak diMelbourne, Victoria. RMIT didirikan pada tahun 1887 oleh seorang politisi bernama Francis Ormond. Pada tahun 2015/16 QS World University ranking menempatkan RMIT pada posisi 273. RMIT juga menempati posisi 20 dunia untuk kampus dengan jurusan art&design terbaik.

k. Curtin University
Curtin University adalah universitas negeri di Australia yang berlokasi di Bentley,Perth, Western Australia. Kampus ini dinamai sesuai dengan nama perdana mentri australia ke 14, John Curtin, dan merupakan universitas terbesar di australia barat dengan lebih dari50.000 mahasiswa. Kampus ini dianugerahi urutan ke 284 oleh QS Stars University padatahun 2014. Pada tahun 2013, Academic Ranking of World Universities (ARWU) juga memasukan Curtis University sebagai top 500 world university.

l. University of Wollongong
University of Wollongong terletak di Wollongong, 80 kilometer sebelah selatan Sydney, Australia. University of Wollongong adalah universitas pertama yang mendapatkan gelar “Australia’s University of the Year”oleh Good Universities Guide selama dua tahun berturut-turut (1999-2000 dan 2000-2001).Universitas ini mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 21.000 orang. Terdapat setidaknya 9 fakultas diantaranya fakultas seni, bisnis, senikreatif, pendidikan, teknik, ilmu kesehatan, informatika, hukum, dan sains.

m. University of Newcastle
disebut juga sebagai Newcastle University, adalah universitas negeri yang didirikan pada tahun 1965. Kampus utamanya berada di Callaghan, daerah perbatasan Newcastle, New South Wales. Pada awalnya, universitas ini dikenal sebagai universitas yang mendalami ilmu medis (medical school), dan menerapkan sistem pendidikan problem-based learning,sistem yang dimandatkan oleh dewan kesehatan australia. Kampus ini juga yang menjadi pionir penyelenggaraan sistem test Undergraduate Medicine and Health Sciences AdmissionTest (UMAT) di awal tahun 1990an.

n. Queensland University of Technology Queensland
University of Technology (QUT) terletak Brisbane, Queensland dan salah satu universitas terbesar di Australia.Kampus utama QUT teletak di Gardens Pointyang berdekatan dengan Brisbane City Botanic Gardens dan Parliament House. Universitas ini juga memiliki beberapa kampus lainyang terletak di Kelvin Grove, Carseldine, dan Caboolture—semua terletak di negara bagian Queensland. Kampus ini berdiri pada tahun 1849 dan sekarang memiliki 2200 staf akademik dan sekitar 39000 mahasiswa baik S1 maupun S2.

o. University of Technology Sydney
University of Technology, Sydney(UTS), adalah sebuah universitas di Sydney, New South Wales, Australia. Universitas ini didirikan dalam bentuknya sekarang pada1988, meskipun awalnya dapat dilacak hingga tahun 1870-an. UTS terkenal karena letaknyadi pusat kota sebagai satu-satunya universitas dengan kampus utama di dalam Sydney. UTS menempati peringkat ke-234 dalam 500 Universitas Teratas Dunia oleh Times HES (2008)dan merupakan satu dari dua anggota Australian Universities yang diberikan penilaian A1 di seluruh mata kuliah pada 2007 dan 2008 oleh Departemen Pendidikan Pemerintah Federal

Belum ada Komentar untuk "LPDP Universitas di Australia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel