Tips Lolos Seleksi Administrasi LPDP

Seleksi administrasi biasa disebut Seleksi Tahap I atau Tahapan I. Dalam tahapan ini , data isian dan file dokumen kamu akandiperiksa LPDP. Di sini akan dilakukan pemeriksaan dari pihak LPDP terkait,
a. Kelengkapan dokumen (semua dokumen yang disebutkan dalam persyaratan).
b. Pemastian informasi kepada peserta(lengkap atau tidak lengkap)
c. Apakah peserta memenuhi syarat atau tidak

Dokumen dari para pelamar beasiswa LPDP yang lengkap dan memenuhi syarat selanjutnya didistribusikan ke reviewer secara online untuk dinilai.Penilaian Dokumen Setelah melalui tahapan di atas, isian form dan file dokumen yang telah kamu isi & upload di sistem online LPDP akan dinilai oleh  Reviewer LPDP melalui sistem online dengan komponen penilaian meliputi:
- Akreditasi Program Studi oleh BAN-PT(mengingat belum meratanya kualitas PT diJawa dan di luar Jawa, penilaian dalam poin inibersifat relatif).
- Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) peserta.- Skor TOEFL/ Skor IELTS (atau skor lainnyayang setara), termasuk lembaga yang mengeluarkan skor TOEFL dan ILETS. Untuk beasiswa studi Magister/Doktor, skor TOEFL danIELTS ini tidak lagi menjadi pertimbangan apabila pelamar telah dapat menunjukkan SuratPenerimaan (Letter of Acceptance/Offer) dari universitas tujuan.
- Sifat kepemimpinan dari pelamar- Potensi untuk berkembang dna maju daripara pelamar
- Kegiatan atau keterlibatan pelamar dalam kehidupan sosial masyarakat
- Idealisme dan Nasionalisme dari pelamar

Semua pelamar yang nilainya memenuhi nilai minimum, pasti akan diundang LPDP untuk mengikuti tahap ke seleksi wawancara. Pengumuman disampaikan di website lpdp dan email pemberitahuan langsung ke peserta.Intinya selalu cek email dan update terus website LPDP pada tanggal pengumuman seleksi yang sudah dijadwalkan

Contoh/ Gambaran Dalam Melengkpai Berkas di Seleksi Tahapan Administrasi
CV, diisi online di website LPDP. Yang harus diperhatikan adalah dokumen-dokumen pendukung untuk pengisian CV karena diminta untuk melampirkan scan ijazah, study plan, essay, LoA, transkrip nilai, sertifikat TOEFL,dan surat rekomendasi. Semua dokumen di attach dalam bentuk pdf. Kemudian dalam pengisian CV ada dimana kita diminta menyebutkanpengalaman training, seminar, etc. dan kolomyang harus diisi salah satunya menyebutkan tanggal pelaksanaan. Jadi kalau kamu punyasertifikat akan lebih mudah melihat tanggal pelaksaannya. Format CV sewaktu-waktu bisa berubah.

Unconditional LoA. Bagaimana cara mendapatkan LoA (Letter of Acceptance)? Caranya, Apply ke Universitas, penuhi requirementsnya atau ikuti ujiannya, jika kamu lolos pasti akan mendapakan LoA. Ada dua jenis LoA, conditional LoA dan unconditional LoA. Conditional LoA diperoleh jika diterimadi Univ tapi lulus bersyarat, misalnya karena skor TEOFL kurang. Sedangkan Unconditional LoA diperoleh jika diterima di Univ tanpa syarat. Jadi, dipastikan saat apply ke Universitas bisa dapat unconditional LoA.

TOEFL/ IELTS, kalau kamu belum punya unconditional LoA maka skor TOEFL/ IELTS harus memenuhi syarat LPDP. Kalau belum memenuhi syarat saran saya tidak perlu apply dulu, karena kalaupun lolos seleksi dokumen belum tentu lolos ditahap berikutnya. Kamubisa mencari cara paling efektif untuk meningkatkan skor TOEFL/ IELTS. Kamu bisa belajarTOEFL otodidak dengan membeli buku-bukuTOEFL/ IELTS dan mempelajarinya. Kalau masih kurang puas kamu bisa les di tempat lesTOEFL atau IELTS.

Studi plan, sebenarnya ini mudah karena ketika kamu mempunya mimpi untuk kuliah ke luar negeri pasti kamu sudah mempunyairencana. Apalagi kamu juga ingin mendapatkan beasisawa LPDP. Nah, jadi tinggal tulis saja alasan kamu melanjutkan studi, alasan memilih universitas pilihan dan program studi, rencana, tema penelitian, dan rencana setelah studi S2 atau S3.

Essay, saat ini ada dua tema essay yang harus kamu tulis, yaitu “Peranku Bagi Indonesia” dan “Sukses Terbesarku”. Pastikan kamu jangan melewatkan kedua essay ini. Buat sebagus mungkin dan pastikan para penilai terkesan dengan essaymu.

Surat rekomendasi, jangan lupa lho surat rekomendasi dari orang yang lebih tahu kapasitasmu. Pastikan juga orang yang memberikan surat rekomendasi ini juga memiliki pengaruh tapi juga paham terhadap diri kamu.

After Submit Untuk yang lolos seleksi administrasi akan ada pemberitahuan resmi lewat email dari LPDP. Begitupun untuk informasi tahap selanjutnya pemberitahuan resmi akan dilakukan lewat email. So, setelah submit dokumen,harus lebih intens buka email. Disarankan agar kamu memiliki email khusus untuk LPDP, dan itu menggunakan gmail karena kelengkapan fiturnya yang bisa membuatmu lebih mudah dalam berinteraksi dan bekerja.

Sumber: Jamu LPDP Jurus Ampuh Dapat Beasiswa LPDP

Belum ada Komentar untuk "Tips Lolos Seleksi Administrasi LPDP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel