Tips Penting Dalam Tahap Administrasi LPDP

 
a) Pastikan semua memenuhi syarat
Sebagaimana beasiswa lainnya, LPDP sangat ketat atau selektif pada syarat administrasi. Kalau dibilang minimal IELTS 6.5, jangan coba-coba masukin IELTS yang masih 6. Begitu juga syarat yang lainnya.Kalau kalian belum mencapai syarat LPDP, lebih baik kalian berjuang terus supaya bisa memenuhi syarat baru daftar.

b) Isi formulir dengan teliti 
Formulir LPDP diisi online baru di download di akhir. Isi semuanya dengan teliti, masukkan semua riwayat pekerjaan, sekolah, kegiatan, dll. Baca dan review lagi sebelum di submit. Jangan sampai hanya karena belum diisi/ salah isi jadi ga dipanggil buat interview. Pada dasarnya, seleksi administrasi LPDP akan meloloskan SEMUA kandidat yang MEMENUHI SYARAT umum& khusus LPDP.

c) Lebih baik sudah memiliki LoA (Letter of Acceptence)
Untuk angkatan lama atau misal angkatan tahun 2013, memang mereka masih banyak yang belum menggunakan LoA. Tapimereka menggenjot di skor TOEFL/ IELTS.Nah, saran buat kamu, untuk bisa dapat nilai plus, dapetin LoA dulu baru daftar LPDP. Apalagi peraturan yang baru hanya memberikan kesempatan kalian mendaftar 2x saja. Jika sudah 2x mendaftar dan belum lolos hingga tahap akhir maka LPDP tidak akan menerima kandidat tersebut jika mendaftar kembali.

Jadi, manfaatkan kesempatan 2xmendaftar itu sebaik-baiknya. Lebih baik menunggu mendapatkan LoA & memperbaiki skor-skor lain misalnya baru mendaftar LPDP daripada buru-buru mendaftar lalu ujung-ujungnya 2x tidak lolos, maka selamanya teman-teman tidak akan bisa mendaftar LPDP. Sayang, kan? Ohya, dan kalau kalian bisa mendapatkan LoA dari 20 besar kampus dunia versi LPDP, kalian akan dapat insentif tambahan $ 5000.

Bagaimana jika tiba-tiba setelah mendapatkan LPDP kamu ingin ganti pindah jurusan, kampus, dapet LoA yang lebihbaik ranking kampusnya?

Jika kamu mengalami hal ini, atau kamu ingin pindah jurusan dan kampus, nggak papa kok. LPDP memperbolehkan kamu mengajukan jurusan atau universitas namun hanya satu kali saja. Tapi nggak asal pindah aja lho ya, kamu harus menyertakan alasan yang kuat serta dokumen-dokumen lain ketika mengajukan pindah jurusan dan kampus. Hal ini perlu kamu lakukan karena tetap harus melalui proses approval dari manajemenLPDP.

d) Essay adalah ujung tombak!
Essay adalah komponen terpenting selain syarat-syarat lainnya. LPDP memberlakukan tes baru di ronde seleksi berikutnya yaitu essay on the spot pada saat seleksi interview & LGD. Salah satu syaratnya adalah menulis 3 essay bahasa Indonesia: Peranku untuk bangsa, Rencana Studi, dan Sukses terbesar dalam hidupku. Saran: tulislah essay yang terstruktur, fokus pada apa yang ingin kamu tulis jangan kemana-mana, dan sampaikan sesuatu yang menarik sampe buat yang baca tersentuh atau terpesona dengan essay kamu.

e) Mendaftarlah di Gelombang 1 atau 2 
Menurut para narasumber, kesempatan diterimanya lebih besar di gelombang1 atau 2. Karena makin akhir tahun, kuotanya tiap tahunnya makin dikit. Agar kamu merasa lebih aman dan nyaman, misalkamu kuliah tahun 2020, enaknya kamu mendaftar gelombang pertama (Februari)atau kedua (April). Soalnya kalau kamu daftar di gelombang ketiga (sekitar bulan Juni), selisih waktu dengan keberangkatan sangat pendek. Hal ini bisa bikin kamu rebutan atau tukeran jadwal Persiapan Keberangkatan dan Program Kepemimpinan. Kadang ada yang sudah kuliah dulu di negara tujuan terus ntar pulang lagi buat ikut program tersebut, dan itu masih memakai uang sendiri.

f) Minta rekomendasi dari orang yang tahu tentang diri kamu
Pilih orang yang pernah berinteraksidengan kamu secara profesional (bukanteman / saudara), tahu diri kamu dengan baik. Baik di tempat kerja, kampus, organisasi masyarakat, dll. Misalkan bos kamu ditempat kerja, dosen pembimbing, dosen yang kamu asistenin, dll.

Belum ada Komentar untuk "Tips Penting Dalam Tahap Administrasi LPDP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel