4 Alasan Kuliah di Mesir

Sejarah mahasiswa Indonesia di Mesir sudah sangat mendarah daging. Tercatat para pencari ilmu agama dari Indonesia telah belajar di Mesir sejak berabad-abad silam. Hal ini tentu tidak lepas dari magnet Universits Al-Azhar, Universitas tertua di dunia. Mayoritas mahasiswa Indonesia kuliah dan tinggal di Kairo, Ibukota Mesir.
source: pixabay
Bisa dibayangkan ketika ribuan mahasiswa Indonesia bermukim di satu kota selama bertahun-tahun, dari satu generasi ke generasi. Hal itu pasti mempengaruhi dinamika sosial yang ada. Bagi Anda yang senang berorganisasi, di Mesir terdapat banyak organisasi kemahasiswaan. Mulai dari organisasi daerah, kelompok belajar, kajian, organisasi masyarakat sampai komunitas hobi. Anda harus pintar-pintar memilih dan memilah penggunaan waktu. Terlebih lagi Universitas Al- Azhar tidak mewajibkan mahasiswanya untuk masuk kelas. Jadi mahasiswa harus bijaksana dalam penggunaan waktu.

Beberapa keunggulan kuliah di Mesir adalah sebagai berikut :
1. Untuk memperdalam ilmu agama islam.
2. Sejarah panjang peradaban di Mesir.
3. Mahasiswa Indonesia yang belajar di Mesir sudah mengakar beratus tahun
4. Salah satu universitas di Mesir yaitu Universitas Al Azhar adalah kampus tertua di dunia

BIAYA KULIAH
Biaya kuliah di Mesir bisa dikatakan lebih ringan dari biaya kuliah di Indonesia. Mungkin hal ini dipengaruhi juga oleh tidak wajibnya bagi mahasiswa untuk masuk kelas. Ada banyak sekali beasiswa yang bisa Anda dapatkan di Mesir. Mulai beasiswa untuk mahasiswa yang bisa hafal Quran, mahasiswa yang tidak mampu, mahasiswa yang waktu SMA dari madrasah, mahasiswa yang nilainya bagus, dan sebagainya. Asal Anda serius dan tidak mainmain, maka meraih beasiswa adalah hal mudah.

Mayoritas mahasiswa asing biasanya memilih tinggal agak jauh dengan kampus. Karena sekitar kampus Al Azhar di kawasan Husein cukup ramai oleh lalu lintas dan pasar yang kurang mendukung suasana belajar. Mahasiswa Indonesia biasanya tinggal berkelompok, beberapa orang menyewa satu rumah/ flat.

Bagi para penerima beasiswa diperbolehkan untuk tinggal di asrama kampus. Di asrama banyak fasilitas yang tersedia seperti tempat olahraga, masjid, kantin, dsb. Untuk asrama putra terdapat jatah makan tiga kali sehari, sedan- gkan untuk asrama putri tidak disediakan fasilitas tersebut. Biasanya mereka memasak sendiri.

Belum ada Komentar untuk "4 Alasan Kuliah di Mesir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel