6 Alasan Untuk Berkuliah di Malaysia

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan kuliah populer di Asia. Malaysia dikenal dengan kualitas hidupnya yang baik namun dengan biaya hidup yang terjangkau. Malaysia juga disebut sebagai pusat akademik di Asia Tenggara yang menawarkan beragam pilihan program kuliah. Tidak heran jika banyak mahasiswa internasional memilih untuk kuliah di Malaysia.
source: wikipedia
Untuk mahasiswa Indonesia sendiri, sudah puluhan tahun negeri Malaysia menjadi tujuan pendidikan paska sarjana oleh para mahasiswa kita. Setiap tahunnya, puluhan ribu mahasiswa Indonesia belajar di Malaysia. Wajar saja, bukan hanya jarak yang dekat, namun juga biaya pendidikan yang tidak telalu tinggi menjadikan Malaysia sebagai tujuan belajar yang menarik.

Pendidikan di Malaysia juga dikatakan standar tinggi karena dari segi biaya cukup dan tidak terlalu mahal untuk kalangan orang biasa. Alasan mengapa orangorang Indonesia rata-rata memilih kuliah di Malaysia:
1. Dekat dengan Indonesia seperti homesick dan juga budaya tidak terlalu berbeda jauh dengan di Indonesia.
2. Harga barang, makanan, perlengkapan terjangkau, tidak berbeda jauh seperti di Indonesia.
3. Biaya kuliah hampir sama seperti di Indonesia.
4. Masuk Universitas Negeri di Indonesia harus melalui tahapan yang cukup susah berbeda dengan Malaysia, kursi yang di sediakan lebih banyak daripada peminat.
5. Mahasiswa Internasional terlihat menarik karena dapat bertukar pemikiran, pengalaman, dan bisa belajar tentang budaya.
6. 85% pelajarannya menggunakan bahasa inggris.

BIAYA KULIAH
Biaya kuliah untuk pra-universitas berkisar antara USD 2,430 hingga USD 3,350 per tahun. Untuk biaya program gelar sar- jana S1 berbeda-beda, tergantung jenis universitas dan bidang kuliah. Universitas swasta seringkali menawarkan biaya pendid- ikan lebih murah. Sedangkan kampus cabang universitas asing pada umumnya lebih mahal. Contohnya, biaya program gelar dalam bidang bisnis di Malaysia berkisar antara USD 8,650 hingga USD 11,500 dan mencapai USD 24,500 di beberapa cabang universitas asing.

BEASISWA
Beasiswa ke Malaysia umumnya ditawarkan oleh pihak yayasan. Biasanya memang mereka menarget langsung siswa- siswa yang ada di Indonesia. Beberapa program beasiswa ke Malaysia ini tidak konsisten dilakukan setiap tahun di Indonesia. Beberapa yang lain selalu dilaksanakan setiap tahunnya. Salah satu program beasiswa yang rutin diadakan setiap tahun adalah program beasiswa dari Ancora Foundation.

Belum ada Komentar untuk "6 Alasan Untuk Berkuliah di Malaysia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel