7 Alasan Kuliah di Turki

Kuliah di luar negeri dengan beasiswa tentu sudah menjadi impian bagi setiap orang di Indonesia. Apalagi dengan mahalnya biaya pendidikan tinggi di Indonesia saat ini tentunya bisa kuliah gratis. Ditambah lagi dapat menikmati kehidupan di luar negeri yang berbeda budaya, tentu akan menjadi satu pengalaman hidup tersendiri. Salah satu negara yang belakangan ini menjadi tujuan belajar para calon mahasiswa Indonesia adalah Turki.
source: wikipedia
Studi di Turki bisa ditempuh dengan beberapa jalan yaitu biaya sendiri (bagi yang memiliki cukup biaya) dan beasiswa. Untuk studi di Turki den- gan biaya sendiri maka prosedur yang harus dilakukan memang cukup rumit terutama untuk warga negara asing.

Untuk mahasiswa internasional, Turki memiliki banyak hal yang dita- warkan : pendidikan berkualitas tinggi dan populasi yang sangat multikul- tural, kota hidup dan pemandangan indah, seni, budaya dan sejarah yang menarik. Tinggal dan belajar di Turki akan menginspirasi Anda dan men- gubah perspektif Anda tentang Negara tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan lain mengapa Turki cocok untuk menjadi tempat kuliah :

1. Jumlah perguruan tinggi negeri di Turki adalah untuk mencapai 100
2. Ada banyak perguruan tinggi negeri mapan di Turki
3. Jumlah mahasiswa internasional di Turki terus meningkat
4. Tingkat kualitas pendidikan di perguruan tinggi negeri cukup baik, di mana bahasa pengantar adalah bahasa Inggris, yang merupakan bahasa standar
5. Universitas-universitas Turki memberikan gelar yang diakui secara inter nasional dengan biaya kuliah yang terjangkau.
6. Memiliki misi untuk mendukung mahasiswa dengan berbagai beasiswa
7. Universitas-universitas Turki menjamin mahasiswa internasional belajar di lingkungan yang aman dan ramah.

BIAYA KULIAH
Biaya pendidikan bervariasi tergantung apakah universitas swasta atau didanai publik. Di universitas negeri, biaya semester sekitar 300 USD, sedangkan di universitas swasta biaya kuliah bisa mencapai ribuan. Informasi tentang biaya pendidikan yang terbaik bisa dicari langsung dari institusi yang Anda inginkan. PTS biaya lebih mahal daripada kampus negeri dan studi pascasarjana lebih mahal daripada studi sarjana.

Biaya kuliah untuk program gelar perguruan tinggi ditetapkan oleh pemerintah pada setiap awal tahun akademik. Biaya kuliah untuk mahasiswa internasional bervariasi tergantung pada programnya. Biaya kuliah tahunan perkiraan adalah sebagai berikut :

UNTUK PROGRAM SARJANA:
1. Perguruan Tinggi Negeri :
A. Universitas yang memakai bahasa Turki :
1. Warga Turki : 80-250 USD
2. Warga negara asing : 240-750 USD
B. Universitas yang memakai bahasa Inggris :
1. Warga Turki : USD 150-500 USD
2. Warga negara asing: USD 450 - 1500 USD

BEASISWA
Pemerintah Turki setiap tahunnya memberikan kesempatan kepada lebih dari 100 siswa asal Indonesia untuk kuliah di Turki melalui program beasiswa.

Beasiswa ini mencakup semua biaya, termasuk kuliah, uang saku bulanan, akomodasi, hingga tunjangan kesehatan. Menurut informasi dari laman Pemerintah Turki, besaran uang saku per bulan yang diterima yakni 500 lira Turki atau setara Rp 2,7 juta untuk program diploma dan sarjana, 750 lira Turki atau Rp 4,1 juta dan 1.000 lira Turki atau Rp 5,5 juta.

Menarik bukan? Nah... kalau kamu benar-benar ingin mencoba hidup, tinggal, dan belajar di Turki, tak ada salahnya untuk mencari lebih banyak informasi tentang negara ini, terutama seputar beasiswa dan universitasuniversitas terbaik yang menerima mahasiswa Indonesia

Belum ada Komentar untuk "7 Alasan Kuliah di Turki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel