7 Alasan Untuk Kuliah di Prancis

Perancis adalah salah satu negara favorit untuk tujuan melanjutkan pendidikan tinggi. Perancis terkenal sebagai negara dengan kualitas pen- didikan yang baik, bertaraf internasional namun dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Setidaknya terdapat kurang lebih 87 Universitas Publik di Perancis dimiliki oleh Pemerintah. Kesemuanya itu menawarkan berbagai pilihan bidang studi dan program internasional berbahasa Inggris.

Jika Anda berniat untuk kuliah di Perancis, sangat dianjurkan untuk bener-bener menyiapkan dokumen yang diperlukan. Bagaimanapun, pemerintah Perancis sangat cerewet dan ribet untuk urusan dokumentasi kelengkapan izin kerja dan belajar di Perancis.

Berikut adalah poinpoin penting untuk memilih Perancis sebagai tempat melanjutkan pendidikan.
1. Salah satu sistem pendidikan yang paling efektif didunia.
2. Kapasitas nasional untuk penelitian dan inovasi terkenal secara internasional.
3. Kekayaan dan keberagaman dari kurikulum dan program mempermudah untuk menemukan program pendidikan yang sesuai dengan tujuan dan latar belakang pendidikan.
4. Terdapat beasiswa dan bantuan pendanaan. Biaya pendidikan di institusi negeri disubsidi oleh pemerintah Perancis. 5. Kedinamisan budaya yang tiada bandingannya.
6. Kualitas hidup Perancis , keuntungan hidup untuk siswa.
7. Tempat ideal menjelajah Eropa.

BIAYA KULIAH
Hampir 70% mahasiswa Indonesia yang berangkat sekolah ke Perancis berbekal biaya sendiri. Pasalnya, pemerintah Perancis memberikan kemu- dahan untuk biaya pendidikan bagi semua siswa baik siswa asal Perancis maupun siswa asing.

Pemerintah Perancis sangat fokus menangani masalah pendidikan. Setiap mahasiswa berhak mendapat tunjangan pendidikan sebesar kurang lebih 10.000 euro yang digunakan untuk membayar biaya perkuliahan selama setahun. Beban yang harus dibayarkan mahasiswa hanya uang pendaftaran yang kisarannya sekitar 200- 300 euro per tahun

BEASISWA
1. Bourses du Gouvernement Fran├žais (BGF) Melalui Institut Francais Indonesia (IFI), pemerintah Perancis setiap tahunnya menawarkan sekitar 300 beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Pelamar bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa penuh Bourses du Gouvernement Fran├žais (BGF) atau beasiswa pemerintah Perancis untuk jenjang S-2 dan S-3. Sumber beasiswa ini adalah pendanaan gabungan dari perusahaan-perusahaan Perancis di Indonesia, beberapa beberapa kementerian di Indonesia, dan sejumlah lembaga sosial dan yayasan swasta. Melalui beasiswa ini scholar diberikan fasilitas penuh mulai dari biaya kuliah, biaya hidup sampai tiket pesawat pulang dan pergi.

Bagi yang mengambil program S-2, ada dua pilihan skema untuk menempuh program itu. Skema pertama yaitu setahun ditempuh di Indonesia sambil kursus bahasa Perancis lalu setahun terakhir dirampungkan di Perancis. Skema kedua menawarkan studi penuh 2 tahun di Perancis. Sementara itu, untuk program S-3, skema studi ditentukan berdasarkan subjek disertasi dan dosen pembimbingnya.

Bagi yang ingin melanjutkan studi ke Perancis, saran kami sebaiknya dari sekarang sudah mulai belajar bahasa Perancis walau secara otodidak melalui buku maupun internet. Jika sudah cukup lancar Anda bisa mengambil tes kemampuan bahasa Perancis DELF B2 dan DELF B1.

Selain indah dan dikenal sebagai pusat fashion serta seni dunia, Perancis merupakan salah satu negara favorit untuk berkuliah di luar negeri bagi mahasiswa Indonesia

Belum ada Komentar untuk "7 Alasan Untuk Kuliah di Prancis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel