8 Alasan Kenapa Kuliah di Singapura

Pemerintah Singapura sangat memprioritaskan kualitas pendidikan di negaranya. Dari sekolah dasar hingga universitas, siswa sudah dipantau dan diarahkan untuk mendapatkan pendidikan yang cocok untuknya. Jadi, tidak semua warga layak atau bebas masuk universitas di Singapura. Bagi mereka yang tidak layak masuk universitas di Singapura, memang bebas memilih kuliah di luar negeri sesuai dengan kemampuan orangtua, tetapi tidak bebas masuk universitas di Singapura jika tidak melewati tes tertentu.
source: wikipedia
Nah, sekarang, kita liat keuntungan mengikuti pendidikan di Singapura. Dapat menggali langsung dari referensi induknya dengan bahasa asli penulis- nya. Hal ini dapat membuka peluang untuk memperdalam orisinalitas ilmu dan ketajamannya.

1. Mengikuti pendidikan di Singapura bisa mendapatkan banyak buku referensi dan jurnal-jurnal terbaru yang belum tentu ada di Indonesia untuk mengembangkan ilmu kita.
2. Di Singapura banyak sekali diadakan seminar keilmuan, kajian dan diskusi yang gratis dengan fasilitas seabrek.
3. Peluang-peluang untuk berguru atau bertanya langsung pada ilmuwan dunia lebih terbuka. Di Indonesia cukup jarang ada tamu tingkat dunia.
4. Karena di Singapura memakai bahasa Inggris kita mempunyai peluang yang sangat besar untuk mengasah bahasa asing kita.
5. Kuliah di luar negeri khususnya di Singapura, kita bisa mempunyai banyak jaringan, bisa jadi teman sesama mahasiswa di Indonesia dan mungkin dapat bertemu banyak mahasiswa-mahasiswa dari Negaranegara eropa dan amerika.
6. Di Singapura, konsentrasi belajar sangat tinggi, kita akui bahwa Singapura adalah negara kecil, tetapi semangat untuk menuntut ilmunya sangat tinggi. Ini yang perlu diaplikasikan oleh kita.
7. Dari sisi finansial kuliah di Singapura yang tergolong Negara maju di dunia bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan kuliah di negaranegara maju lainnya.
8. Di Singapura jika kita sukses kuliah sambil kerja, maka gaji yang didapat sudah pasti mencukupi biaya hidup yang semestinya. Tingkat UMR di kota-kota besar di dunia kadang jauh di atas gaji karyawan perlente berdasi di gedunggedung ibukota kita.

BIAYA KULIAH 
Biaya Hidup Rata – Rata di Singapura, dilansir dari konsultanpendidikan.com :
Akomodasi : $485/bulan
Transportasi : $$36.80/ bulan
Makanan : $133.08/ (Burger McD, fast food, rice)
Hiburan : $57.07/ (Bioskop, olahraga, travelling, dll)

Biaya Kuliah Rata – Rata
Undergraduate / Sarjana : $9.000 – $14.000
Postgraduate / Pascasarjana : $10.000 – $12.000

Jika Anda ingin kuliah sambil kerja, di Singapura sangat diperbolehkan. Penghasilan Kerja Sambil Kuliah rata-rata $3.96/ jam. Namun, jika Anda ingin kuliah di Singapura tanpa beasiswa, Anda bisa mengajukan pinjaman kepada pihak pemerintah Singapura.

BEASISWA
Beasiswa di Singapura yang terkelan adalah SCP Singapore Scholarship. Beasiswa ini diumumkan oleh Perdana Menteri Singapura Goh Chok Tong pada KTT ASEAN ke-6 pada bulan Desember 1998. SCP Singapura diberikan kepada mahasiswa dari negara-negara anggota ASEAN lainnya dan dipertahankan untuk program gelar sarjana penuh waktu di salah satu dari tiga universitas di Singapura.

Semua disiplin ilmu kecuali untuk Kedokteran, Kedokteran Gigi, Arsitektur dan Hukum terbuka untuk Scholars. Durasi setiap Beasiswa selama tiga atau empat tahun , tergantung pada disiplin.

Kelebihan lain dari beasiswa ini adalah tidak ada ikatan dikenakan oleh Pemerintah Singapura. Para sarjana diharapkan untuk kembali ke negara asal untuk berkontribusi pada pembangunan negaranegara mereka setelah lulus .
Yang bisa mendaftar beasiswa SCP Singapore ini adalah warga negara-negara anggota ASEAN (kecuali Singapura). Calon harus memiliki catatan akademis yang luar biasa, penguasaan bahasa Inggris yang baik dan memenuhi persyaratan masuk NTU, NUS, dan SMU. Intinya, beasiswa S1 Singapura diberikan secara kompetitif prestasi akademis.

Belum ada Komentar untuk "8 Alasan Kenapa Kuliah di Singapura"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel