8 Alasan Kuliah di Cina

China dalam sepuluhtahun terakhir ini mengalami kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Diperkirakan lebih dari 6.000 mahasiswa asal Indonesia belajar di sejumlah perguruan tinggi di China. Selain kemajuan yang diraih China, alasan mahasiswa asing belajar disana adalah biaya kuliah yang lebih murah dibandingkan biaya kuliah di UK, AS,Australia maupun Singapura. Jurusan yang banyak diambil mahasiswa asing adalah bahasa Mandarin, ekonomi, manajemen dan Chinese Medical.
source: flickr
Dalam hal etos belajar, pelajar China memang patut kita contoh. Danny Wahyudi, salah satu mahasiswa Indonesia yang kuliah di China mengatakan bahwa jam belajar teman-temannya di kampus bisa sampai 8 jam per hari. Makanya, orang China ngga ksuka buang buang waktu dengan nongkrong.

Jika tak ingin jauh jauh kuliah ke Eropa atau Amerika, negara-negara Asia juga bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah China.Apa sih istimewanya kuliah di China?

1. Kualitas pendidikan di China terus berkembang dan meningkat pesat.
Pemerintah setempatjuga menaruh perhatian danmengalokasikan anggaranyang sangat besar untuk sektor pendidikan.

2. Kesempatan membangun network yang lebih luas
Karena para pelajar berasal dari berbagai negara, termasuk yang berasal dari China sendiri. Networking ini kelakakan menjadi aset yang sangat berharga saat akan membangun karir atau berbisnis sendiri.

3. Menambah Wawasan
Sebab, pelajar bisa melihat sendiri perkembangan yang ada di negara tersebut.Termasuk, mengetahui mengenai kebiasaan, etos kerja, dan gaya hidup masyarakat China.

4. Memiliki kesempatan untuk memelajari bahasa Mandarin secara cepat, dan dengan pengucapan yang akurat.

5. Prospek kerja yang lebih baik  karena kesempatan kerja yang luas setelah kita menguasai bahasa Mandarin. 

6. Biaya pendidikan yang murah dan berkualitas. 
Bahkan, biaya pendidikan lebih murah jika dibandingkan dengan beberapa universitas di dalam negeri.

7. Bisa belajar tentang Entrepreneurship dari masyarakat China.

8. Mahasisw amendapatkan kesempatan magang di perusahaan terkemuka di China
Tentunya Anda sudah tahu kalau China adalah salah satu Negara industri yang sangat besar. Mereka memproduksi berbagai barang mulai dari elektronik sampai tekstil. Nah,jika Anda kuliah di China, kesempatanAnda untuk bisa magang di salah satu perusahaan di China sangat memungkinkan

BIAYA KULIAH
Jika dibandingkan dengan Negara maju di Asia seperti Korea dan Jepang, China termasuk paling murah dalam hal biaya perkuliahan. Terutama di bidang Teknik.

BEASISWA
Ternyata terdapat banyak sekali jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah China. Secara garis besar beasiswa tersebut dibagi menjadi 3 jenis yaitu Beasiswa Pemerintah Daerah, Beasiswa Pemerintah Pusat, dan Beasiswa Hanban.

BEASISWA HANBAN.
Hanban adalah organisasi di bawah Kementerian PendidikanChina yang fokus pada promosi bahasa dan kebudayaan Cina. Sebagai organisasi Hanban memiliki dana yang cukup besar. Dana inilah yang mereka gunakan untuk membuka cabang di berbagai penjuru dunia,termasuk Indonesia. Dana yang sama juga digunakan untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat Indonesia. Ada 2 jenis beasiswa yang ditawarkan oleh Hanban, yaitu:
CONFUCIOUS INSTITUTE SCHOLARSHIP
.Ini adalah beasiswa full yang diberikan oleh Hanban kepada masyarakat Indonesia yang ingin belajar bahasa mandarin. Syaratnya adalah lulusan SMA.
CONFUCIOUS INSTITUTE SCHOLARSHIP FOR MTCSOL PROGRAM.
Program ini adalah pemberian beasiswa kepada orang Indonesia yang ingin kuliah S2 danS3 di Cina. Beasiswa yang diberikan juga sudah mengcover biaya hidup dan biaya kuliah.Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa masuk ke websitenya di www.hanban.org

Belum ada Komentar untuk "8 Alasan Kuliah di Cina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel