Alasan Kuliah di Thailand

Pendidikan di Thailand juga sangat maju dalam 10 tahun terakhir ini. Lima dari sepuluh kampus terbaik di ASEAN berasal dari Thailand. Univer- sitas-universitas di negara ini, baik universitas swasta maupun negeri dikenal sangat berkwalitas, terutama di Bangkok dan Chiang Mai. Bahasa Inggris pun sudah dijadikan sebagai medium utama dalam perkuliahan.
source: flickr
Belajar di Thailand sendiri memiliki beberapa keuntungan, yakni :

1. Ilmu pengetahuan yang diajarkan sangat sesuai dengan keadaan negara berkembang seperti Indonesia.
2. Kampus-kampus terkemuka di Thailand memiliki tenaga pengajar yang hampir 100% memegang gelar Doktor dari berbagai universitas terkemuka dunia, sehingga kualitas pendidikannya terjamin.
3. Riset yang kita lakukan di Thailand dapat diaplikasikan langsung di Indonesia, baik itu dalam ilmu sosial, teknik, kesehatan maupun ilmu pertanian, karena iklim dan kondisi masyarakat yang hampir sama. Hal ini berbeda dengan di negara maju yang gap pengetahuannya terasa sangat jauh.
4. Cultural shock tidak begitu dahsyat bagi mahasiswa Indonesia yang baru datang, sehingga dapat menyesuaikan diri dengan cepat.
5. Dukungan industri dan pemerintah terhadap penelitian terhitung besar di banding di Indonesia, sehingga dana untuk riset dapat diperoleh dengan mudah.
6. Bisa Belajar Banyak Hal selain Kuliah. Selain menyaksikan keindahan budaya, Anda dapat langsung belajar dan mempraktikkan berbagai hal di Thailand seperti belajar seni memasak/ kuliner, belajar membuat sutra, patung, keramik, belajar pijat ala Thai, Fotografi, Meditasi, yoga dan sebagainya.

BIAYA KULIAH
Biaya kuliah dan biaya bervariasi di universitas dan program. Biaya kuliah untuk program gelar master di perguruan tinggi negeri biasanya sekitar $ 1.000 (US) sampai $ 2.000 (US) per tahun. Biaya kuliah di universitas swasta adalah sekitar $ 75 (US) sampai $ 125 (US) per jam kredit. Program master umumnya memerlukan dua tahun dan 36 jam kredit untuk menyelesaikan. Siswa biasanya mendapat- kan 9-15 jam kredit setiap semester.

BEASISWA
1. Sripatum University Universitas ini memberikan beasiswa untuk masyarakat umum. Bidang studi yang ditawarkan pun cukup beragam. Hanya saja beasiswa yang diberikan cuma mencakup biaya kuliah. Maha- siswa harus memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.
2. Kasetsart University Universitas ini memberikan 2 jenis program beasiswa. Yang pertama adalah Program beasiswa untuk belajar di Fakultas Agro-Industri Kasetsart University untuk jenjang S-2 dan S-3. Yang kedua adalah untuk belajar menge- nai Food Security untuk jenjang S3 dan Post Doctoral.
3. Beasiswa Kemendikbud Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan 2 jenis beasiswa. Yang pertama adalah beasiswa Dirjen DIKTI untuk para dosen perguruan tinggi. Yang kedua adalah beasiswa unggulan untuk masyarakat umum.

Thailand adalah salah satu negara Asia yang paling ideal untuk kuliah. Selain kondisinya yang tidak terlalu berbeda jauh dengan Indonesia, negara ini juga menawarkan kualitas pendidikan bermutu serta biaya hidup yang relatif terjangkau.

Belum ada Komentar untuk "Alasan Kuliah di Thailand"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel