Jurusan Fakultas Sastra dan Prospek Kerjanya

1. Ilmu Sejarah

Sejarah: Ilmu yang mempelajari sikap dan pengertian ilmiah masa lampau manusia, tulisan-tulisan yang ditinggalkan, teknik dasar untuk dapat mengidentifikasi jenis-jenis, dan nilai sejarah dari bahan-bahan kearsipan maupun dokumentasi, serta mengamankantulisan yang mengandung keterangan sejarahbagi kepentingan bangsa di masa mendatang.

PeluangKarir: Pengajar, Lembagakebudayaannasional, peneliti, dan industri pariwisata.

RujukanKampus:
-    UniversitasGadjahMada
-    UniversitasDiponogoro
-    Universitas Indonesia
-    UniversitasAirlangga
-    UniversiatasPadjajaran
-    UniversitasNegeriSebelasMaret
-    UniversitasJember
-    UniversitasNegeri
-    UniversitasUdayana
-    UniversitasNegeri Malang

2. Sastra Indonesia

Sastra Indonesia: Ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang kebahasaan, kebudayaan, dan kesastraan Indonesia, dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Indonesia, cara mengembangkan serta mengalamalkan pengetahuannya bagi kesejahteraan masyarakat.

Peluang Karir: penerjemah, pengajarbahasa Indonesia, pengajar untuk penutur bahasa asing yang bekerja di Indonesia, lembaga seni dan budaya, penerbitan, perkamusan, media cetak, wartawan peneliti, penulis, dan jurnalistik.

RujukanKampus:
-    UGM
-    UI
-    UNPAD
-    UNDIP
-    UniversitasJember
-    UNAIR
-    UNY
-    UNSOED
-    UPI
-    UNJ

3. Sastra Nusantara

Prodi Sastra Nusantara Sastra Nusantara (Jawa, Batak, Sunda, Bali) Ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Nusantara, dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Sastra Nusantara, cara menganalisis penyelesaiaan masalah-masalah yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Nusantara.
Pada umumnya perguruan tinggi terkait akan memilih/memfokuskan pada sastra Nusantara terdekat, misalnya: UGM akan berfokus pada sastra Jawa, Unpad akan berfokus pada sastraSunda.
Peluang Karir: Guru bahasa sastra nusantara di sekolah, pengajar untuk penutur asing yang yang menekuni studi kebudayaan sastra nusantara, dosen, peneliti, jurnalis, lembaga seni dan kebudayaan, pemandu wisata asing untuk seni dan kebudayaan nusantara, staf ahli dibidang pengembangan kebahasaan dan kesastraan nusantara seperti: perkamusan, dokumentasi, penyusunan buku pelajaran, dan penerjemahan.
RujukanKampus:
UNESA
UGM
UNPAD
UI
USU
UNS
UNIVERSITAS UDAYANA

4. Sastra Inggris

Sastra Inggris adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan dasar tentang latar belakang sosiobudaya wilayah penutur asli bahasa inggris dalam kaitan dengan karya-karya utamanya, dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Inggris dan cara mengembangkan, menerapkan pengetahuan studi Inggris  keberbagai bidang.
PeluangKarir: penerjemah, peneliti, pengajar bahasa inggris, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dosen.
Rujukan Kampus:
UNDIP
UNAIR
UNPAD
UGM
UI
BINUS
UPI
UNIBRAW
UNS
UNNES
UNESA


5. Sastra Arab

Sastra Asia Barat (Arab) Ilmu yang mempelajari cara mengomunikasikan budaya Indonesia ke negara-negara Arab dan budaya Arab ke Indonesia, sesuai dengan keunikan bahasa, kebudayaan, agama dan sastra Arab.

Peluang Karir: penerjemah, diplomat, pengajar bahasa Arab, lembaga seni dan budaya, penerbitan, wirausaha, perkamusan dan peneliti.

Rujukan Kampus:
UNPAD
UI
UGM

6. Sastra Jepang

Sastra Jepang Ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang kebahasaan, kebudayaan, kesastraan Jepang, dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Jepang; cara menerapkan pengetahuannya pada bidang yang menuntut penguasaan bahasa dan sastra Jepang.

Peluang Karir: penerjemah, peneliti, pengajar bahasa Jepang, pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Jepang yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dan dosen.

Rujukan Kampus:
UNPAD
UI
UGM
UDAYANA BALI
UNAIR
UNIBRAW
BINUS

7. Sastra Korea

Sastra Korea: Ilmu yang mempelajari pengetahuan tentang kebahasaan, kebudayaan, kesastraan Korean, dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan, ekonomi, dan sosial budaya Korea; cara menerapkan ilmunya pada bidang yang menuntut penguasaan bahasa dan sastra Korea.

Peluang Karir: penerjemah, peneliti, pengajar bahasa Korea, pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Korea yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dan dosen.

Rujukan Kampus:
UI
UGM

8. Sastra Prancis

Sastra Perancis: Ilmu yang mempelajari tentang kebahasaan, kebudayaan dan kesastraan Perancis (termasuk linguistic, terjemahan); dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Perancis, cara menerapkannya pada pengembangan dan pemberdayaan kebudayaan nasional.

Peluang Karir: penerjemah, pengajar bahasa Perancis, lembaga kebudayaan asing, pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Perancis yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dan dosen.

Rujukan Kampus:
UI
UGM
UNY
UNPAD, UNESA

9. Sastra Belanda

Sastra Belanda: Ilmu yang mempelajari tentang kesastraan , kebudayaan, dan kebahasaan bangsa Belanda, cara berkomunikasi dalam bahasa Belanda dengan lisan dan tulisan dengan benar,  dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Belanda, cara menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Belanda.

Peluang Karir: penerjemah, pengajar Bahasa Belanda, pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Belanda yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dan dosen.

Rujukan Kampus:

UI

10. Sastra Rusia

Sastra Rusia: Ilmu yang mempelajari tentang kesastraan , kebudayaan, dan kebahasaan bangsa Rusia, cara berkomunikasi dalam bahasa Rusia dengan lisan dan tulisan dengan benar,  dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Rusia, cara menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Rusia.

Peluang Karir: penerjemah, pengajar Bahasa Rusia, pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Rusia yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dan dosen.

Rujukan Kampus:

UNPAD
UI

11. Sastra Jerman

Sastra Jerman: Ilmu yang mempelajari tentang kesastraan , kebudayaan, dan kebahasaan bangsa Jerman, cara berkomunikasi dalam bahasa Jerman dengan lisan dan tulisan dengan benar,  dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Jerman , cara menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Jerman.

Peluang Karir: penerjemah, pengajar BahasaJerman , pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Jerman yang bekerja di Indonesia, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, dosen, dan peneliti.

Rujukan Kampus:

UI
UNPAD
UNESA

12. Sastra Cina

Sastra Cina: Ilmu yang mempelajari tentang kesastraan , kebudayaan, dan kebahasaan bangsa Cina, cara berkomunikasi dalam bahasa Jerman dengan lisan dan tulisan dengan benar,  dasar-dasar metodologi penelitian kebahasaan dan kesastraan Cina, cara menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan bahasa dan sastra Cina.

Peluang Karir: penerjemah, pengajar Bahasa Cina , pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Cina yang bekerja di Indonesia, perdagangan internasional, industri pariwisata, perkamusan, penerbitan, lembaga kebudayaan asing, perbankan, perhotelan, dosen, dan peneliti.

Rujukan Kampus:
UI
BINUS
UGM

13. Ilmu Perpustakaan

Ilmu Perpustakaan: Ilmu yang mempelajari teori dan teknik pengadaan, pengaturan, pemeliharaan dan pendayagunaan semua jenis bahan pustaka, cara merencanakan, mengusahakan, dan mengelola sumber daya manusia serta alat sebagai dasar dalam pendayagunaan koleksi dan jasa-jasa perpustakaan; cara memanfaatkan computer dan teknologi informasi untuk pengolahan data  perpustakaan; dasar-dasar metodologi penelitian dan pengembangan perpustakaan.

Peluang Karir: perpustakaan sekolah, instansi, lembaga kebudayaan, departemen kearsipan nasional, peneliti.

Rujukan Kampus:
UI
UNPAD
UNAIR
UNDIP
UGM
UNM
UNS

14. Filsafat

Kata falsafah atau filsafat dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Yunani philosophia. Kata ini merupakan kata majemuk dan berasal dari kata-kata (philia= persahabatan, cinta dsb.) dan (Sophia=kebijaksanaan). Sehingga arti harafiahnya adalah "pencinta kebijaksanaan" Filsafat biasa diklasifikasikan menurut daerah geografis dan latar belakang budayanya. Dewasa ini filsafat biasa dibagi menjadi dua kategori besar, yaitu menurut wilayahnya dan menurut latar belakang agamanya. Berdasarkan wilayahnya, Filsafat dibagi menjadi: filsafat barat, filsafat timur, dan filsafat Timur Tengah. Sementara, menurut latar belakang agama, filsafat dibagi menjadi: filsafat Kristen, filsafat Islam, filsafat Budha, dan filsafat Hindu.

Filsafat Barat adalah ilmu yang biasa dipelajari secara akademis di universitas- universitas di Eropa dan daerah-daerah jajahan mereka. Filsafat ini berkembang dari tradisi filsafat orang Yunani kuno. Tokoh utama filsafat Barat antara lain Plato, Thomas Aquinas, RĂ©ne Descartes, Immanuel Kant, Georg Hegel, Arthur Schopenhauer, Karl Heinrich Marx, Friedrich Nietzsche, dan Jean-Paul Sartre. Dalam tradisi filsafat Barat, dikenal adanya pembidangan dalam filsafat yang menyangkut tema tertentu, diantaranya:
 a.Metafisika mengkaji hakikat segala yang ada. Dalam bidang ini, hakikat yang ada dan keberadaan (eksistensi) secara umum dikaji secara khusus dalam Ontologi. Adapun hakikat manusia dan alam semesta dibahas dalam Kosmologi.
b.Epistemologi mengkaji tentang hakikat dan wilayah pengetahuan (episteme secara rafiah berarti pengetahuan). Epistemologi membahas berbagai hal tentang pengetahuan seperti batas, sumber, serta kebenaran suatu pengetahuan.
c.Aksiologi membahas masalah nilai atau norma yang berlaku pada kehidupan anusia. Dari aksiologi lahirlah dua cabang filsafat yang membahas aspek kualitas hidup manusia: etika dan estetika.
d.Etika, atau filsafat moral, membahas tentang bagaimana seharusnya manusia bertindak dan mempertanyakan bagaimana kebenaran dari dasar tindakan itu dapat diketahui. Beberapa topik yang dibahas di sini adalah soal kebaikan, kebenaran, tanggung jawab, suara hati, dan sebagainya.
e. Estetika membahas mengenai keindahan dan implikasinya pada kehidupan. Dari estetika lahirlah berbagai macam teori mengenai kesenian atau aspek seni dari berbagai macam hasil budaya.
Filsafat Timur adalah tradisi falsafi yang berkembang di Asia, khususnya di India, Meskipun hal ini Republik Rakyat Cina dan daerah-daerah lain yang pernah dipengaruhi budayanya. Sebuah ciri khas Filsafat Timur ialah dekatnya hubungan filsafat dengan agama. Meskipun hal ini kurang lebih juga bisa dikatakan untuk Filsafat Barat, terutama di Abad Pertengahan, tetapi di Dunia Barat filsafat 'an sich' masih lebih menonjol daripada agama. Nama-nama beberapa filsuf Timur, antara lain Sidharta Budha Gautama/Budha, Bodhidharma, Lao Tse, Kong Hu Cu, Zhuang Zi dan juga Mao Zedong.
Filsafat Kristen, pada mulanya disusun oleh para bapa gereja untuk menghadapi zaman di abad pertengahan, yakni berada dalam zaman kegelapan (dark age). tantangan Masyarakat mulai mempertanyakan kembali kepercayaan agamanya. Filsafat Kristen banyak berkutat pada masalah ontologis dan filsafat ketuhanan. Hampir semua filsuf Kristen adalah teologian atau ahli masalah agama, seperti Thomas Aquinas.

Prodi Filsafat
Filsafat: Ilmu yang mempelajari pengetahuan dengan mendasar dan menyeluruh, sehingga menghasilkan pola pikir yang kritis, logis dan integritas dalam kaitannya dengan kebudayaan manusia.

Beban studi: 144 sks

Gelar yang diberikan: S.Hum. (Sarjana Humaniora)

Peluang Karir: budayawan, pemerhati masalah sosial dan kemayarakatan, politisi, dosen, peneliti, penulis, dan jurnalis.

Rujukan:
Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta
Universitas Indonesia
Universitas Katolik Parahyangan Bandung
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Fakultas Sastra dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel