Jurusan Kuliah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya

1. Broadcasting

Broadcasting: ilmu yang mempelajari cara mempersiapkan program penyiaran, dari membuat naskah berita sampai dengan penyiarannya.

Peluang karir
: Secara garis besar lapangan kerja Broadcosting dapat dibagi menjadi dua. Di depan kamera atau di belakang kamera. Lapangan kerja yang berada di belakang kamera antara lain: reporter, kameraman, scriptwriter, copywriter, editor, sutradara dan produser. Sedangkan posisi yang berada di depan kamera antara lain pembaca berita dan presenter.

Rujukan:

Universitas Kristen Petra Surabaya
Universitas Esa Unggul
Universitas Indonesia DIII

2.  Jurnalistik

Jurnalistik: Ilmu yang mempelajari industri media baik media cetak dan media elektronik. Mempelajari perencanaan konsep sebuah media sampai produk itu dihasilkannya, seperti terbitan majalah, program TV, dan siaran radio; Mempelajari cara membuat wawancara dan menulis berita sebagal info bagi dasar dari peliputan dan artikel untuk sebuah media; Mempelajari teknik mencari dan menulis Berita seperti mempelajari cara menyajkan berita agar menjadi sebuah info yang menarik bagi masyarakat; Mempelajari cara mengkonsep sebuah program TV, yakni proses eksekusi sampai editing sebelum ditampilkan dalam bentuk visual; Mempelajari cara mengkonsep sebuah program radio, proses eksekusi sampai editing sebelum ditampikan dalam bentuk audio; Mempelajari teknik komunikasi yang efektif untuk memperoleh dan menggali informasi dari orang lain; dan ilmu yang Mempelajari cara memproduksi dan pasca produksi sebuah industri

Peluang karir: Media center/jurnalis media cetak, online, atau televisi, Fotografer, Redaktur, Redaktur Pelaksana, Reporter Radio, Produser News, Reporter TV, Koordinator Liputan, Presenter untuk program hiburan, Newscaster

Rujukan:
Universitas Kristen Petra Surabaya
Universitas Esa Unggul Jakarta
Universitas Tarumanagara Jakarta
Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP)Jakarta

3.  Komunikasi Korporat

Komunikasi Korporat merupakan ilmu yang mempelajari karakteristik Public Relation, seperti Teknik Menulis, Media Relations, Komunikasi Massa, Karakteristik Media, Komunikasi Lintas Budaya, Komunikasi Bisnis, Manajemen Krisis, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Interpersonal, Komunikasi Organisasi.

Kemampuan penunjang: memiliki soft skill kewirausahaan, kepemimpinan, berpikir kreatif dan inovatif, social skil, presentation skill dan etika profesi.

Peluang karir: Corporate Communication Manager, Public Relation Manager (Swasta/Pemerintah), CSR Manager, Customer Service/CRM Manager, EO Manager Corporate Secretary, Researcher.

Rujukan:
Universitas Kristen Petra Surabaya
Universitas Persada Indonesia
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya

4.  Periklanan

Periklanan dapat dikatakan belajar menggabungkan sense of art dengan skill berkomunikasi. ilmu yang mempelajari cara mengkomunikasikan pesan Periklanan/Advertising  kepada masyarakat dan cara menjual "produk" yang diklankan.

Kemampuan penunjang: memiliki sense of art, senang belajar bahasa dan kebudayaan, mampu berkomunikasi dengan baik, senang berimajinasi dan mampu mengungkapkan ide melalui kata-kata dan gambar, mengikuti perkembangan iptek serta mampu menggunakan dan mengaplikasikannya kedalam pengoperasian komputer.

Peluang karir: Visualizer, Fotografer, Copywriter, Account Executive, Desainer Grafis, Riset Media (Market Researcher), Perencanaan Media Iklan (Account Planner/media plan), llustrator (Sign Witer), Marketing Officer, Web Designer, Packaging Designer, Visual Merchandiser, Ilustrasi Musik Iklan, Creative Director, Sign Writer, Artist, dll.
Creative Director. bertugas membuat konsep sebuah iklan, yang dimulai dari ide sampai proses eksekusi di lapangan. Dengan kata lain creative director mengawasi penuh proses pembuatan iklan, dari persiapan sampai hasil akhirnya.
Copy Writer: bertugas menerangkan produk yang diiklankan dengan membuat tag line dan jingle sebuah iklan.
Sign Writer: bertugas mengkonsep visualisasi sebuah iklan, termasuk di dalamnya desain iklan, warna dan bentuk tulisan termasuk "images" dari iklan tersebut.
Account Executive bertugas mencari klien, menjadi penghubung antara klien dengan team work yang ada didalam advertising, sehingga account executive harus mampu menyampaikan apa yang dinginkan klien kepada tim creatif supaya iklan yang dibuat tepat seperti yang dinginkan klien. Disamping itu Account Executive juga bertugas menjadi penghubung dengan media tempat iklan akan dipasang sehingga ia bertugas mempresentasikan iklan ke media yang bersangkutan.
Account Planner bertugas merencanakan strategi dari "penjualan iklan" dan memikikan acara off air yang dapat menunjang penjualan produk yang diklankan.
Market Researcher bertugas melakukan survei pasar, untuk mendapatkan data yang dibutuhkan bagı riset untuk mendapatkan apa yang di senangi maupun apa yang tidak disenangi pasar atas target produk dari yang diklankan.

Rujukan:
STIKOM The London School of Publik Relations (LSPR
Universitas Indonusa Esa Unggul
Institut ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP) Jakarta

5. Hubungan Masyarakat

Hubungan Masyarakat: mempelajari metode menjalin dan membangun hubungan masyarakat dari suatu organisasi, sehingga mampu menyampaikan misi, tujuan kepada publik sasaran dengan tetap menjalin hubungan yang baik.

Peluang karir: PR officer, Marketing PR, Event Organizer, Media Consultant, PR Consultant, Master of Ceremony (MC), Media Relation Technician, Public Relations Writing, Kreatif untuk produksi media (cetak/audio/audio-visual), Customer Service, Account Executive, dll.

Rujukan:
STIKOM The London School of Public Relations
Universitas Indonusa Esa Unggul
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Institut llmu Sosial dan lImu Politik (ISIP)

6. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi: ilmu yang mempelajari teori dan teknik komunikasi dalam masyarakat, cara menganalisis gejala komunikasi dalam masyarakat, cara menumbuhkan kemandirian dalam bersikap dan berpendapat, serta cara mengembangkan kepekaan nurani dalam pendayagunaan teknologi komunikasi bagi kepentingan masyarakat.

Peminatan:
a.Hubungan Masyarakat/Public Relations
b. Periklanan
c. Komunikasi Korporat
d. Jurnalistik
e. Penyiaran.

Peluang karir: Dapat bekerja pada organisasi swasta atau pemerintah yang menangani dan memilii unit kerja bidang hubungan masyarakat, media masa, media cetak, radio, film, auditif maupun audiovisual, event organizer, perusahaan periklanan serta pemerintah.

Rujukan:
Universitas Indonesia
Universitas Diponegoro
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Universitas Airlangga Surabaya
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Padjadjaran Bandung

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Ilmu Komunikasi dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel