Jurusan Kuliah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Prospek Kerjanya

1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: ilmu yang mempelajari pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang mencakup: kebahasaan, kemahiran sastra, metodelogi pembelajaran, penelitian, penyuntingan naskah dan bku, penulisan buku ajar, seni dan budaya; cara merencanakan program pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia bagi sekolah menengah berdasarkan kurikulum yang berlaku, mengevaluasi hasil belajar pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, menentukan lingkup dan kedalaman bahan ajar pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Kemampuan penunjang: memiliki kemampuan membaca dan memahami bacaan dengan baik, suka sastra, suka membuat karangan/menulis, memiliki daya imajinasi yang baik, memiliki minat, kepedulian untuk membimbing orang lain belajar Bahasa Indonesia.

Peluang karir: Guru Bahasa dan Sastra Indonesia pada tingkat pendidikan dasar sampai menengah, pengajar Bahasa Indonesia untuk penutur bahasa asing, pembawa acara dan pengajaran drama, penulisn skrip untuk film atau drama, editor majalah, wartawan, jurnalistik, dsb..

Rujukan kampus:
  • Universitas Negeri Malang,
  • Universitas Negeri Semarang,
  • Universitas Negeri Yogyakarta,
  • Universitas Pendidikan Indonesia Bandung,
  • Universitas Negeri Jakarta,
  • Universitas Negeri Jember

 2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa

Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa: ilmu yang mempelajari pendidikan bahasa dan sastra Jawa yang mencakup: kebahasaan, kemahiran sastra, metodelogi, pembelajaran, penelitian, penyuntingan naskah dan buku, penulisan buku ajar, seni dan budaya; cara merencanakan program pengajaran Bahasa dan Sastra Jawa bagi sekolah dasar dan menengah berdasarkan kurikulum yang berlku, mengevaluasi hasil belajar pengajaran Bahasa dan Sastra Jawa, menentukan lingkup dan kedalaman bahan ajar pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa.

Kemampuan penunjang: memilki kemampuan membaca dan memahami bacaan yang dengan baik, suka sastra, suka membuat karangan/menulis, memiliki daya imajinasi yang baik,, memiliki minat, kepedulian untuk membimbing dan mendampingi orang lain belajar Bahasa Jawa.

Peluang karir: guru Bahasa dan Sastra Jawa pada tingkat pendidikan dasar sampai menengah, pengajar Bahasa Jawa untuk penutur bahasa asing, pembawa acara dan pengajaran drama, penulisan skrip untuk film atau drama, editor majalah, wartawan, jurnalistik, dsb..

Rujukan kampus:
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Surabaya

3. Pendidikan Bahasa Inggris



Pendidikan Bahasa Inggris: ilmu yang mempelajari pendidikan bahasa dan sastra Inggris yang mencakup; kebahasaan, kemahiran sastra, metodelogi pembelajaran, penelitian, penulisan buku ajar, cara menentukan lingkup dan kedalaman bahan ajar bidang studi Bahasa Inggris untuk sekolah dasar dan menengah, cara merencanakan program pengajaran bidang studi Bahasa Inggris bagi sekolah dasar dan menengah berdasarkan kurikulum yang berlaku, cara mengevaluasi hasil belajar bidang studi Bahasa Inggris bagi sekolah dasar dan menengah, cara memberikan pelaksanaan remedia teaching bagi siswa yang membutuhkan bantuan, dasar-dasar metodelogo pengembangan penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris.

Kemampuan penunjang: bahasa Inggris, memiliki kemampuan membaca dan memahami teks bahasa Inggris dengan baik, suka apresiasi sastra, memiliki daya imajinasi sastra yang baik, memiliki minat dan kepedulian untuk membimbing, mendampingi orang lain belajar Bahasa Inggris.

Peluang karir: Guru Bahasa Inggris bagi anak TK, SD, SMP, SMA, dan SMK serta pengajar bagi sekolah yang memakai dua bahasa (bilingual), penerjemah, jurnalis, wartawan, penulis buku jar, perbankan, perusahaan asing, berwirausaha dengan mengajar dan mengelola Lembaga Bimbingan Belajar dan les privat.

Rujukan kampus:
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Univesitas Negeri Surabaya
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Yogyakarta,
  • Universitas Negeri Jember
  • Universitas Sebelas Maret Surakarta 

4. Pendidikan Bahasa Arab



Pendidikan Bahasa Arab: ilmu yang mempelajari tentang kebahasaan, kesastraan dan kebudayaan Arab mencakup: linguitik umum, sosiolinguistik, psikolinguistik, fenologi bahasa Arab, stalistik bahasa, analisis kontrastif antara bahasa Arab dengan bahasa Indonesia, analisis kesalahan dalam kemampuan berbahasa Arab, kesastraan dan kebudayaan arab, metode pengajaran bahasa asing dan kemampuan untuk memilih dan menggunakan mtode yang tepat dan sesuai untuk pengajaran bahasa Arab, evaluasi untuk kemampuan berbasa Arab, menyusun tes bahasa Arab, menyusun dan mengelola program bahasa Arab.

Kemampuan penunjang: memiliki minat kepada, bahasa, kesastraan dan kebudayaan Arab; memiliki minat dan kepedulian untuk membimbing, mendampingi orang lain belajar Bahasa Arab.

Peluang karir: peniliti, dosen, pendidik yang profesioanl, memberi kursus dan penataran pada bidang sastra dan bahasa Arab.

Rujukan kampus;
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Pendidikan Indonesian Bandung
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Semarang

 5. Pendidikan Bahasa Perancis


Pendidikan Bahasa Perancis: ilmu yang mempelajari pendidikan bahasa dan sastra Perancis yang mencakup antara lain; kebahasaan, kemahiran sastra, metodelogi pembelajaran, penelitian, cara menentukan lingkup dan kedalaman bahan ajar bidang studi Bahasa Perancis untuk sekolah menengah, cara merencanakan program pengajaran bidang studi Bahasa Perancis bagi sekolah menengah berdasarkan kurikulum yang berlaku, cara mengevaluasi hasil belajar bidang studi Bahasa Prancis bagi sekolah menengah, cara memberikan pelaksanaan remedian teaching bagi siswa yang membutuhkan bantuan, dan dasar-dasar metodelogi pengembangan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Perancis.

Kemampuan penunjang: suka Bahasa Asing, khususnya bahasa Perancis, memiliki kemampuan membaca dan memahami bahasa Perancis yang baik, suka sastra, memiliki kemampuan untuk menghafal dengan baik, memiliki minat dan kepedulian untuk membimbing, mendampingi orang lain belajar Bahasa Perancis.

Peluang karir: profesional dibidang pendidikan, pengajaran dan peneltian dari bahasa Perancis; guru bahasa Perancis menengah dan dosen; pengajar bahasa Indonesia utuk penutur bahasa Perancis yang bekerja di Indonesia; penerjemah, perkamusan, penulisasn sastra, pengamat sastra, perusahaan asing, dan lembaga perbankan,serta industri pariwisata.

Rujukan kampus:
  • Universitas Pendidikan Indonesia Bandung,
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Semarang

6. Pendidikan Bahasa Jerman



Pendidikan Bahasa Jerman: ilmu yang mempelajari tentang kebahasan, kesastraan dan penerjemahan dari bahasa dan sastra Jerman; cara merencanakan program pengajaran bahasa dan sastra Jerman bagi sekolah menengah berdasarkan kurikulum yang berlaku; mengevaluasi hasil belajar pengajaran bahasa dan sastra Jerman; menentukan lingkup dan kedalaman bahan ajar pendidikan bahasa dan sastra Jerman.

Kemampuan penunjang: suka bahasa Asing, khususnya bahasa Jerman, suka sastra, memiliki kemampuan untuk menghafal dengan baik, memilki minat dan kepedulian untuk membimbing, mendampingi orang lain belajar Bahasa Jerman.

Peluang karir: profesional dibidang pendidikan, pengajaran dan penelitian dari bahasa Jerman; guru bahasa Jerman di sekolah menengah dan dosen; pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Jerman yang bekerja di Indonesoa; penerjemah, perkamusan, penulisan sastra, pengama sastra, perusahaan asing, lembaga perbankan.

Rujukan:
  •  Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Universitas Negeri Malang
  • Universitas Negeri Jakarta

7. Pendidikan Bahasa Jepang

 Pendidikan Bahasa Jepang: ilmu yang mempelajari cara memiliki kemampuan berbahas Jepang secara lisan dan tertulis, pengetahuan kebudayaan, sejarah, dan kesastraan Jepang, pengetahuan dasar linguistik bahasa Jepang, ilmu dan ketrampilan mengajar bahasa Jepang di Lembaga Pendidikan Bahasa, serta mempelajari cara mengindentifikasi dan menyelsaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Jepang.

Kemampuan  penunjang: suka bahasa asing khususnya bahasa Jepang; memmiliki kemampuan belajar yang kua untuk dapat membaca dan memahami bahasa Jepang dengan baik; memiliki minat dan kepedulian untuk membimbing, mendampingi orang lain belajar Bahasa Jepang.

Peluang karir: profesional dibidang pendidikan, pengajaran dan penelitian dari bahasa Jepang; guru bahasa Jepang di Lembaga Pendidikan Bahasa dan dosen; pengajar bahasa Indonesia untuk penutur bahasa Jepang yang bekerja di Indonesia, penerjemah, penulis sastra, pengamat sastra, perusahan asing, perbankan dan perdagangan.

Rujukan Kampus: 
  • Universitas Negeri Surabaya
  • Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
  • Universitas Negeri Semarang
  • Universitas Negeri Jakarta

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Pendidikan Bahasa dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel