Jurusan Kuliah Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan dan Prospek Kerjanya

1. Budidaya Perairan

Budidaya Perairan mempelajari ilmu, teknologi an manajemen perikanan budidaya (air tawar, payau, dan laut) mencakup ikan, tumbuhan air dan organisme air lainnya (biota akuatik) yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
Bagian:
a. Teknik Produksi dan Manajemen Akuakultur
b. Reproduksi dan Genetika Organisme Akuatik
c. Nutrisi Ikan
d. Kesehatan Organisme Akuatik
e. Lingkungan Akuakultur
Peluang karir: Tenaga ahli/konsultan dalam bidang pembenihan dan pembesaran perikanan budidaya pada perusahaan swasta, instasi pemerintah (Ditjen Perikanan Budidaya, Ditjen Pesisir dan Pulau-pulau kecil; Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Payau, Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar, Balai Besar Riset Budidaya Perikanan Laut, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Balai Karantina, Instansi/perusahaan budidaya perikanan di seluruh Indonesia, Ditjen Dikti, Ditjen Dikmenjur, Pemprov dan Pemkab di seluruh Indonesia, Dinas Perikanan Provinsi atau Kabupaten di seluruh Indonesia), dan wirausaha.
Rujukan
a. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
b. Universitas Diponegoro Semarang
c. Universitas Airlangga Surabaya
d. Institut Pertanian Bogor
e. Universitas Padjajaran Bandung
f. Universitas Brawijaya Malang
g. Universitas Dr. Soetomo Surabaya

2. Manajemen Sumberdaya Perairan 

Manajemen Sumberdaya Perairan mempelajari ilmu pengelolaan sumberdaya perairan (tawar, payau, dan laut) yang berkaitan dengan kelestarian, konservasi, ekosistem air dan perikanan berkelanjutan.
Bagian:
a) Produktivitas dan Lingkungan Perairan
b) Ekobiologi dan Konservasi Sumberdaya Perairan
c) Manajemen Sumberdaya Perikanan
Peluang karir: konsultan/tenaga ahli pada Depatermen Kelautan dan Perikanan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Koordinasi Survey Lapangan dan Pemetaan Nasional (Bakorsurtanal), PDAM, PT Pertamina, Balai Penelitian Perikanan Laut (BALIKANLUT), Balai Penelitian Perikanan Tawar (BALITKANWAR), Departemen Kehutanan, BAPPEDAL, dan wirausaha perbankan bagian kelayakan kredit perikanan, perusahaan perikanan, wiraswasta budidaya perikanan_konsultan perikanan, katchery ikan, udang dan kerang.
Rujukan:
a. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
b. Institut Pertanian Bogor
c. Universitas Diponegoro Semarang
d. Universitas Brawijaya Malang

3. Teknologi Hasil Perairan

Teknologi Hasil Perairan mempelajari ilmu dan teknologi pengolahan sumberdaya hayati perairan untuk menghasilkan produk primer yang berfokus pada pengolahan biodiversitas perairan.
Ilmu dan teknologi yang menjadi ruang lingkup prodi THP meliputi penanganan, karakterisasi, preparasi bahan bau hasi perairan, bioteknologi hasil peraira dan teknologi dan pengolahan hasil perairan.
Bagian:
a) Bahan Baku Hasil Perairan
b) Bioteknologi Hasil Perairan
c) Tenologi Pengolahan Hasil Perairan
Peluang karir: peneliti, pengajar, konsultan/staf ahli pada perusahaan swasta dan instansi pemerintah (Dikti-Depdiknas, Kementrian Riset dan Teknologi melalui penelitian kompetitif RUT, RUK, RUTI dan program insentif Riset Dasar; Departemen Perikanan dan Kelautan dalam bidang pendidikan dan penelitian serta pemberdayaan masyarakat, implementasi dan komersialisasi teknolgi dan produk), wirausaha, dll.
Rujukan:
a. Universitas Gadah Mada Yogyakarta
b. Universitas Brawijaya Malang
c. Universitas Diponegoro Semarang
d. Institut Pertanian Bogor

4. Pemanfaatan Sumber Daya Perairan

Pemanfaatan Sumberdaya Perairan mempelajari ilmu dan teknologi perikanan tangkap yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, meliputi alat tangkap, teknologi eksploitasi sumberdaya perikanan, kapal dan transportasi perikanan, kebijakan perikanan tangkap, manajemen perikanan tangkap dan manajemen pelabuhan perikanan.
Bagian:
a) Teknologi Penangkapan Ikan
b) Teknologi Alat Penangkapan Ikan
c) Kapal dan Transportasi Perikanan
d) Sistem dan Kebijakan Perikanan Tangkap
e) Kepelabuhan Perikanan dan Kebijakan Pengelolaan
Peluang karir: peneliti, pengajar, konsultan/staf ahli pada perusahaan swasta dan instansi pemerintah seperti Departemen Kelautan dan Perikanan, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten dan Provinsi, Perguruan Tinggi bidang perikanan dan Kelautan, dan wirausaha.
Rujukan:
a. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
b. Universitas Brawijaya Malang
c. Institut Peranian Bogor
d. Universitas Diponegoro Semarang
e. Universitas Padjajaran Bandung

5. Ilmu dan Teknologi Kelautan

Ilmu dan Teknologi Kelautan mempelajari ilmu dan teknologi kelautan untuk memahami karakter, fenomena dan proses fisika, kimia, biologi dan geologi laut dengan memanfaatkan penginderaan jauh dan akustik kelautan untuk eksplorasi sumberdaya dan lingkungan laut.
Bagian:
a) Biologi Laut
b) Oseanografi
c) Akustik dan Informasi Kelautan
d) Penginderaan Jauh SIG
Peluang karir: pengajar, peneliti, konsultan/staf ahli pada perusahaan swasta, instansi pemerintah seperti LIPI. LAPAN, BPPT, Bakorsurtanal, Dishidros TNI AL, dan wirausaha.
Rujukan:
a. Institut Pertanian Bogor
b. Universitas Brawijaya Malang
c. Universitas Diponegoro Semarang

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Perikanan Ilmu Kelautan dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel