Jurusan Kuliah Fakultas Pertanian dan Prospek Kerjanya

1. AGRONOMI DAN HORTIKULTURA

 
Jurusan Budidaya Pertanian berganti nama menjadi prodi Agronomi dan Pemuliaan Tanaman, yang dikenal dengan nama prodi Agroteknologi .Agronomi dan Hortikultura  adalah ilmu yang mempelajari perekayasaan lingukungan, potensi genetik dan fisiologi untuk mendukung pembangunan nasional dan kesejateraan masyarakat yang berfokus pada bidang hortikultur, pemuliaan dan teknologi benih, serta agronomi.

Agronomi adalah ilmu yang mempelajari budi daya tanaman pangan dan perkebunan mulai dari pemulian benuh, pengolahan tanah, pemupukan dan perlindungan tanaman agar memperoleh hasil sesuai yang diharapkan atau direncanakan.

Agronomi juga mempelajari interaksi faktor genetika dan lingkungan (biotik, abiotik) yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman. Faktor biotik terdiri atas hama, penyakit, gulma, serta tanaman yang lain; sedangkan faktor abiotik terdiri atas tanah dan klim.

Hortikultura adalah ilmu yang mempelajari budi daya tanaman buah (pomology/frutikultur), tanaman bunga(florikultura), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman hias (florikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka), dan tanaman taman (lansekap) dari proses menanam sampai pasca panen. Tanaman hortikultura memiliki ciri-ciri seperti mudah rusak, dikonsumsi segar, makan tempat (voluminuss) dan berat (memiliki kandungan air yang tinggi).

Peminatan:
a. Produksi Tanaman: ilmu yang mempelajari pengembangan teknologi produksi yang mencakup tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan guna peningkatan kuantitas, kualitas, kontinuitas, dan produktivitas dalam rangka keamanan pangan.
b. Ekofisiologi Tanaman: ilmu yang mengkaji aspek ekofisiologi tanaman dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman terutama di lahan-lahan bercekaman abiotik, seperti: mempelajari mekanisme adaptasi terhadap cekaman keracunan hara pada tanaman padi di sawah, padi gogo, dan jagung; adaptasi terhadap cekaman naungan, dan adaptasi terhadap cekaman air baik genangan pada tanaman kedelai maupun kekeringan pada tanaman kacang tanah.
c. Genetika dan Pemulian Tanaman: ilmu yang mempelajari genetik, pemulian dan pemanfaatan penanda molekuler untuk mempercepat pemulian tanaan konvensional, yang bertujuan mengembangkan varietas unggulan baru untuk tanaman hortikultura dan tanaman pangan melalui perbaikan daya hasil, perbaikan kualitas, dan perbaikan adaptasi terhadap cekaman biotik dan abiotik.
d. Bioteknologi Tanaman: mempelajari ilmu dan teknologi pemuliaan tanaman, perbanyakan tanaman, dan ekofisiologi tanaman antara lain meliputi teknik kultur jaringan dan rekayasa genetika.
e. Ilmu dan Teknologi Benih: mempelajari ilmu dan teknologi peningkatan mutu benih dan penyediaannya (peningkatan perbenihan) yang mencakup biologi reproduksi, anatomi, fisiologi, produksi, pengolahan, penyimpangan, dan analisis benih melalui jalur pendekatan fisiologis, biokimiawi, kuantifikasi metabolisme benih dan fisiokimiawi.

Peluang karir: peneliti, pengajar, analisis komoditi Hortikultura, manajer industri bunga potong, sayuran dan buah, manajer pemeliharaan taman, nursery, supplier bahan baku industri hortikultura, perkebunan-perkebunan skala besar, perusahaan benih, pestisida, pupuk, obat-obatan atau berwirausaha secara mandiri, instansi pemerintah (Departemen Pertanian atau Pendidikan dan LSM)

Rujukan:
  • IPB
  • UGM
  • Universitas Udayana
  • UNPAD
  • UBRAW
  • Universitas Negeri Jember
  •  Universitas Widya Gama Malang
  • Universitas Jendral Soedirman 

 2. PROTEKSI TANAMAN


Proteksi Tanaman: mempelajari cara mengidentifikasi, menganalisis, dan mengatasi berbagai masalah hama dan penyakit tanaman guna mengembangkan entomologi pertanian, patologi tanaman, dan rodentologi bagi perlindungan tanaman guna mendukung pertanian berkelanjutan dan pertanian yang ramah lingkungan.

Peluang karir: analisis pada perusahaan agribisnis dan jasa perbankan, konsultan pengawasan mutu pada perusahaan makanan (makanan bayi dan anak), laboran pada bidang produk-produk kesehatan tanaman (fitosanitari), staf ahli dalam perusahaan pestisida, pest kontrol, peneliti dan dosen.

Rujukan:
  • IPB
  • UGM
  • Universitas Negeri Jember
  • Universitas Udayana Bali
  • Unbraw
  • Universitas Jenderal Soedirman 
  • Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga 
3. ILMU TANAH DAN SUMBER DAYA ALAM
 Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan: mempelajari pengembangan ilmu dan teknologi tanah dan lahan dari segi biofisik dan ruang yang meliputi pencirian, penggolangan, inventarisasi, dan proses-proses yang terjadi serta perencanaan, pemanfaatan, dan pengelolalan tanah dan lahan yang berkelanjutan.
a. Pengembangan Sumberdaya Fisik Lahan: ilmu yang mempelajari proses-proses alami dan anthropogenik yang terjadi di dalam tanah baik proses secara fisik, kimia, biologi, dan biokimia yang menyebabkan perbedaan sifat tanah dan  kualitasnnya.
b. Kimmia dan Kesuburan Tanah: ilmu yang mempelajari pengembangan dan penerapan ilmu kimia bagi kesuburan tanah dan hara tanaman dalam pemanfaatan/pengelolaan sumberdaya lahan, evaluasi status hara, pengembangan teknologi pupuk dan pemupukan, upaya reklamasi, dan rehabilitasi lahan serta remediasi kimia tanah tercemar.
c. Konservasi Tanah dan Air: ilmu yang mempelajari konservasi dan pemanfaatan lahan (tanah dan air) agar pemanfaatannya sesuai dengan kemampuan lahannya dan memperlakukannya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan sehingga fungsi dan produktivitas maksimal (tidak rusak) dan mendukung kehidupan yang berkelanjutan.
d. Bioteknologi Tanah: ilmu yang mempelajari pemanfaatan organisme (biota) tanah yang diikuti dengan proses-proses fisiologis, biokimia, dan hasil senyawa metabolisme bagi perbaikan kualitas lingkungan tanah, pertumbuhan tanaman, bioremediasi, dan biodetokfikasi dari berbagai polutan.
e. Penginderaan Jauh dan Informasi Spasial: ilmu yang mempelejari teknologi geospasial yang bekaitan dengan penginderaan jauh dan sistem informasi spasial, dan teknik-teknik pemodelan/analisis statistik-spasial serta terapannya dalam hubungannya dengan inventarisasi, analisis, dan penyajian data dan informasi untuk kepentingan perencanaan, pengelolaan dan pemantauan pertanian, sumberdaya alam, dan lingkungan.
f. Perencanaan dan Pengembangan wilayah: ilmu yang mempelajari ilmu dan teknologi inventarisasi, sistematisasi, analisis data dan informasi sumberdaya wilayah, pengembangan model spasial, serta penyusunan strategi, kebijakan, dan rencana (1) tata guna lahan, (2)tata ruang, (3)tata agraria, dan (4) pengembangan wilayah.

Peluang karir: bidang agrobisnis, bidang manajemen, ekonomi, dan bisnis.

Rujukan:
  • UGM
  • UNPAD
  • IPB
  • UPNV Yogyakarta
  • Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

 4. AGRIBISNIS


Agribisnis  ialah ilmu yang mempelajari aktivitas produksi usaha tanai (on farm) dan pendukungnya (sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk dan alam mesin pertanian), pengelolahan hasil pertanian (agroindustri), distribusi dan pemasaran hasil pertanian, serta kelembagaan pendukung (penyuluhan, komunikasi, dan informasi, pembiayaan, investasi, dan birokrasi).

Peluang karir:
Departemen Pertanian, Penyuluhan Pertanian Lapangan (PPL), bank, perkebunan, dosen, hubungan masyarakat perusahaan, dan penyair (komunikasi)

Rujukan kampus:
  • Universitas Udayana 
  • UGM
  • IPB
  • UNBRAW
  • Universitas Negeri Jember
  • UPN Yogyakarta
  • Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • UNPAD
  • UNDIP
  • Universitas Jendral Soedirman Purwokerto

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Pertanian dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel