Jurusan Kuliah Fakultas Sosial Ilmu Politik dan Prospek Kerjanya

 

1. Kesejahteraan Sosial

Ilmu Kesejahteraan Sosial: mempelajari tentang pengetahuan dasar pekerja sosial yang meliputi pengetahuan tentang perilaku manusia dan lingkungan sosial, nilai, prinsip, etika pekerjan sosial; serta kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

Peluang karir: instansi pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) nasional maupun internasional, dunia industri khususnya di bidang HRD, dosen, dan peneliti.

Rujukan:
Universitas Indonesia
Universitas Padjadjaran
Universitas Negeri Jember
Universitas Airlangga

2.  Kriminologi

Kriminologi: mempelajari pengetahuan dan teknologi kriminologi yang dipergunakan untuk memahami, menyelesaikan masalah kriminalitas, dan menyebarluaskan penggunaannya bagi peningkatan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional; mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kriminologi, melalui penelitian, pengembangan dan pendidikan, berdasarkan realitas sosial yang dihadapi oleh bangsa Indonesia yang relevan secara nasional dan diakui secara internasional; dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi kriminologi untuk kepentingan masyarakat sebagai wujud pengabdiannya pada masyarakat.

Peluang karir: kriminologi bekerja sebagai pengamat politik, kepolisian, cyber cript (polisi dunia maya), kejaksaan, LBH,wartawan, konsultan, dosen, dan peneliti.

Rujukan:
Universitas Indonesia

3. Antropologi

Antropologi: ilmu yang mempelajari kajian-kajian dasar dalam tiga cabang pokok ilmu-ilmu sosial (psikologi, sosiologi, dan antropologi) sebagai komponen-komponen yang dapat saling merujuk dan menunjang; cara memaknai dan menganalisis kehidupan masyarakat sehingga dapat menentukan hal-hal yang harus dilakukan sesuai dengan tujuan yang diinginkan sang antropolog. Antropologi Budaya terdiri dari prehistori, etnolinguistik dan etnologi sehingga mampu melakukan intervensi sosial di setiap budaya atau lingkungan sosial masyarakat.

Peluang karir: Antropolog Budaya berkecimpung pada penelitian ilmiah mengenai budaya masyarakat dan bekerja sosiatri.

Rujukan:
Universitas Airlangga Surabaya
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Universitas Indonesia
Universitas Udayana Bali
Universitas Padjadjaran

4. Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan: mempelajari fungsi-fungsi dan peran kelembagaan negara, penerapan fungsi-fungsi pemerintahan baik secara strategis maupun teknis, menganalisis hubungan ilmu pemerintahan dengan perilaku sosial dalam masyarakat; dan strategi penerapan dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasaan pemerintah dalam upaya mencapai Clean Government dan Good Governance.

Peluang karir: aparat pemerintah/birokrat di tingkat pusat/daerah, asisten peneliti staf untuk anggota legislatif pusat/daerah, anggota legislatif pusat/daerah, anggota partai politik, aktivis LSM/Ormas, jurnalis pemerintahan/politik, konsultan pemerintahan, dan tenaga pendidik/dosen.

Rujukan
Universitas Diponegoro
Universitas Airlangga
Univeristas Padjadjaran
Universitas Katolik Parahyangan
Universitas Gadjah Mada

5.  Ilmu Politik

Ilmu Politik: ilmu yang mempelajari cara menyelesaikan persoalan pembangunan negara secara kreatif dan inovatif terutama yang berkaitan dengan perkembangan dan perubahan politik yang terjadi di masyarakat.

Peluang karir: peneliti, analis sosial politik, perencana pembangunan, politisi.

Rujukan:
Universitas Airlangga Surabaya
Universitas Indonesia
Universitas Jenderal Soedirman
Universitas Persada Indonesia

 6. Sosiologi

Sosiologi: ilmu yang mempelajari interaksasi masyarakat (interaksasi antara indlividu, antara individu dengan dengan kelompok, antara kelompok dengan kelompok, dan antara masyarakat dengan masyarakat) dan produk yang dihasilkan guna menyelesaikan persoalan pembangunan secara kreatif dan inovatif, terutama yang berkaitan dengan perkembangan dan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Program Studi Sosiologi mengkonsentrasikan keilmuan pada masalah lingkungan, pembangunan, konsentrasi politik, dan militer.

Rujukan:
Universitas Airlangga
Universitas Gadjah Mada
Universitas Katolik Atmajaya
Universitas Indonesia, Terakreditasi
Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto
Universitas Brawijaya Malang

7. Hubungan Internasional

Hubungan Internasional: ilmu yang mempelajari aspek-aspek aktivitas kehidupan sosial umat manusia yang melintasi batas negara dan atau memiliki dampak sosial tertentu bagi umat manusia di negara atau belahan dunia lain, cara mengembangkan gagasan yang baru untuk mengembangkan hubungan internasional, serta dasar-dasar metodelogi penelitian untuk mengembangkan hubungan internasional.

Peluang karir: institusi pemerintah, seperti departemen luar negeri, lembaga- lembaga pendidikan dan penelitian, media cetak dan elektronik, perusahaan multinasional, lembaga-lembaga internasional baik pemerintah maupun non pemerintah, politisi.

Rujukan:
Universitas Katolik Parahyangan
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
UPN Veteran Yogyakarta
Universitas Indonesia, Terakreditasi
Universitas Padjadjaran Bandung
Universitas Airlangga Surabaya

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Sosial Ilmu Politik dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel