Jurusan Kuliah Fakultas Teknologi dan Kejuruaan dan Prospek Kerjanya

1. Pendidikan Teknik Listrik

Pendidikan Teknik Listrik: ilmu yang mempelajari Teknik Elektro sebagai disiplin ilmu, dan cara melakukan penelitian dan pengkajian dalam rangka mengembangkan dan menerapkan iptek dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Kompetensi lulusan Program Studi pendidikan Teknik Listrik/Ektronika, diharapkan mampu untuk:
  • Menguasai bahan pelajaran dan kurikulum sekolah menengah kejuruan
  • Mampu mengelola proses belajar mengajar
  • Mampu menggunakan media/sumber belajar
  • Mampu mengelola kelas dan laboratorium
  • Mampu mengelola interaksi belajar mengajar
  • Menguasai landasan-landasa pendidikan.
  • Mampu menilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
  • Mampu memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil-hasil penelitian pendidikan guna keperluan pengajaran.
  • Mengikuti perkembangan Teknik Listrik dan dapat mengelola untuk keperluan pembelajaran.
Kemampuan penunjang: suka Matematika, Fisika, Elektonika atau kelistrikan, suka bereksperimen tentang kelistrikan, suka bekerja dilapangan, memiliki minat dibidang pendidikan seperti mengajar atau mendampingi anak untuk belajar.

Peluang karir: guru bidang studi Teknik Elektro pada jenjang sekolah menengah umum atau sekolah menengah kejuruan, berwirausaha dalam bidang listrik dan elektronika; bekerja di industri atau pabrik, kontraktor bangunan di bagian Instalasi listrik.

Rujukan
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Semarang
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Universitas Negeri Jakarta

2. Pendidikan Teknik Mesin

Pendidikan Teknik Mesin: ilmu yang mempelajari Teknik Mesin sebagai suatu disiplin ilmu; dan cara menentukan kedalaman bahan ajar untuk bidang studi Teknik Mesin seturut dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk lembaga formal maupun non formal yang setingkat dengan itu, merencanakan dan menyusun satuan pelafaran Teknik Mesin, pengelolaan proses belajar mengajar penggunaan media dan sumber belajar, pengelolaan lab untuk bidang studi Teknik Mesin seperti: laboratorium Praktek Kerja Bangku, laboratorium Kerja Las dan Tempa, laboratorium Praktek Motor, laboratorium Kelistrikan Otomotif, Praktek Pendingin, Praktek Chasis Otomotif, evaluasi proses pembelajaran pengajaran Teknik Mesin di SMK.

Bidang keahlian
a. Teknik Pendingin: mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik pendingin dan tatà udara secara global, yakni cara merancang dan memasang mendiagnosis kerusakan, melakukan perawatan dan perbaikan, memodifikasi sistem dengan teknologi bagl penghematan energi
b. Teknik Otomotif: Mempelajari pengetahuan teknik otomotif (menguasal sejarah dan perkembangan teknik otomotif, dasar teknik otomotif, dan gambaran umum dunia otomotif), perawatan otomotif (menguasai teknik perawatan mesin, chasis, bodi, dan kelistrikan otomotil), teknologi Otomotif (menguasai teknik pembuatan komponen otomotif), dan enterpreneur (menguasai dasar dasar manajemen dan pelayanan kepada konsumen serta mampu menjadi enterpreneur dalam bidang otomotif) 
c. Teknik Mesin Industri 
d. Teknik Mesin Konstruksi 

Kemampuan penunjang: Menyukai Matematika, Fisika dan Kímía, suka pekerjaan di lapangan, memiliki minat untuk mengajar.

Peluang karir: guru bidang studi Teknik Mesin di Sekolah Menengah Kejuruan (5Mk) dan lembaga formal dan non formal yang setara dengan SMK, industri dan pabrik. sebagai pengawas lapangan turbin uap, kompresor dsb; berwirausaha di bidang teknik mesin.

Rujukan
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Negeri Surabaya,
Universitas Negeri Semarang,
Unlversitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Universitas Negeri Jakarta, 
Universitas Negeri Malang,

3. Pendidikan Teknik Sipil

Pendidikan Teknik Sipil: ilmu yang mempelajari bidang studi Teknik Bangunan Sipil dan menentukan bahan ajar Teknik Sipil seturut kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bagi lembaga formal maupun non formal atau yang setingkat dengan itu; merencanakan dan menyusun satuan pelajaran Teknik Sipil, pengelolaan proses belajar mengajar, penggunaan media dan sumber belajar pengelolaan laboratorium untuk bidang studi Teknik Sipil seperti:laboratorium Pertukangan Kayu, laboratorium Pertukangan Plambing, laboratorium Pertulkangan Batu, laboratorium Pertukangan Baja, laboratorium Geodes dan Beton; evaluasi proses belajar mengajar Teknik Sipil di SMK.

Kemampuan penunjang: Matematika, Fisika, suka pekerjaan dilapangan, memiliki minat dalam bidang pendidikan, seperti mengajar dan mendamping orang lain untuk belajar Peluang karir: guru bidang studi Teknik Bangunan/Sipil untuk Sekolah Menengah Kejuruan dan lembaga pendidikan formal dan non formal yang setingkat, dosen; kontraktor dan konsultan bangunan, pengawas bangunan dan berwirausaha dalam bidang mebel dan konstruksi bangunan.

Rujukan
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Negeri Malang
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Universitas Sebelas Maret Surakarta
Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Semarang

4. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer: mempelajari lImu dan teknologi bidang keguruan meliputi: pedagogik, kepribadian, kompetensı profesional kompetensi sosial; kompetensi bidang engineering meliputi perawatan dan perbaikan komputer (MRIT), pemrograman under dos & windows (programing), pemrograman web, pemrograman dan aplikasi database, rekayasa software computer multimedia, Jaringan komputer & internet, kecerdasan buatan (ai) & robotilka, simulasi & pemodelan, dan pengelolaan &keamanan sistem komputer.

Kompetensi penunjang: kemampuan bahasa Inggris yang baik, suka komputer dan memiliki kreatifitas yang tinggi.

Peluang karir:  Guru Teknik Informatika baik untuk tingakt SD, SMP, SMA maupun SMK, dan yang sederajat, instruktur; konsultan bidang Teknik Informatika, animator, sistem analis, supervisor programmer; perancangan dan teknisi bidang informatika pada software house; wirausahawan bidang informatika.

Rujukan:  
Universitas Negeri Yogyakarta
Universitas Negeri Jakarta
Universitas Negeri Malang
Universitas Negeri Semarang 
Universitas Kristen Satya Wacana salatiga

Belum ada Komentar untuk "Jurusan Kuliah Fakultas Teknologi dan Kejuruaan dan Prospek Kerjanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel