Keunggulan Kuliah di Korea

Kebudayaan yang menarik adalah salah satu faktor penarik pelajar asing untuk belajar di Korea Selatan, baik dari kesenian, makanan, maupun gaya hidup. Sistem pendidikan Korea yang serupa dengan pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu daya tarik pelajar Indonesia untuk belajar di sana.

Pada umumnya, perkuliahan di Korea menggunakan pengantar bahasa Korea. Hanya 20%-30% mata kuliah yang diajarkan menggunakan ba- hasa Inggris. Oleh karena itu, penguasaan bahasa Korea mutlak diperlukan bagi Anda yang ingin belajar ke Korea.

Walaupun demikian, jika Anda ingin berkuliah di Korea menggunakan bahasa Inggris, terdapat beberapa universitas yang menyelenggarakan Program Khusus Bahasa Inggris. Dalam program ini, seluruh mata kuliah diberikan menggunakan pengantar Bahasa Inggris.

Sebaliknya, jika Anda ingin belajar bahasa Korea dulu, Anda dapat mengambil Program Belajar Bahasa Korea. Hampir seluruh universitas di Korea menyelenggarakan program ini yang diperuntukkan bagi pelajar asing di Negeri Gingseng itu.

Berikut ini adalah keunggulan jika kita kuliah di Korea Selatan:
1. Bisa mempelajari Kebudayaan Korea Selatan Secara Langsung Budaya korea tak lagi menjadi bahan cerita yang sering diceritakan oleh berbagai media, saat ini kalian bisa merasakan langsung bagaimana mengenal kebudayaan Korea yang bervariasi dan beragam.

2. Sudah Memiliki Jurnal international Jika Anda kuliah di Korea, tak perlu khawatir terhadap jurnal yang ada. Karena Korea sudah menggunakan Jurnal International dan sangat mudah mengakses jurnal internasional karena setiap universitas pasti sudah berlangganan jurnal internasional.

3. Iklim Korea yang Staregis Empat Iklim di Korea yang bisa memicu semangat belajar lebih giat lagi. Nah, jika melihat dunia kampus Anda jangan heran melihat semangat belajar mahasiswa Korea. Mereka tidak sungkan untuk belajar berkelompok. Salah satu kelebihan di Korea adalah tidak ada kebiasaan mencontek disana. Karena mahasiswa Korea sangat mandiri dan belajar dengan sungguh-sungguh.

4. Fasilitas Lab Memadai Fasilitas lab di Korea terkenal kecanggihannya. Dan para meahasiswa dianjurkan untuk menggunakan headset ketika masuk kedalam lab agar tidak mengganggu dan terganggu dengan mahasiswa lainnya.

BIAYA KULIAH
Biaya perkuliahan di Korea pada umumnya adalah Rp 30.000.000,00 - Rp 40.000.000,00 per semester. Adapun perkiraan biaya yang diperlukan dari pengurusan visa, keberangkatan ke Korea, biaya kursus bahasa Korea selama satu tahun, hingga pendaftaran ke sekolah tujuan adalah sekitar Rp50.000.000,00. Mahal nggak? Hehe. Bagi orang Korea barangkali itu standart. Karena penghasilan mereka di sana juga besar tentunya.

BEASISWA
Ada sekitar 4 sumber beasiswa jika Anda berminat kuliah di Korea Selatan. Diantaranya :
1. Beasiswa yang dikelola oleh Pemerintah Korea (KGSP, NIIED)
2. Beasiswa yang diberikan oleh Universitas
3. Beasiswa yang diberikan oleh Perusahaan
4. Beasiswa dari Project yang dikelola oleh Lab/ Professor

Selain melalui empat hal diatas, Anda juga dapat mendapatkan informasi beasiswa Korea dengan cara men- gunjungi website universitas-universitas di Korea dan lihat menu admission. Disana biasanya dijelaskan proses seleksi masuk, jurusan yang tersedia dan biasanya dijelaskan pula mengenai beasiswa yang tersedia.

Korea Selatan memang punya daya tarik tersendiri bagi mahasiswa asing, terutama setelah boomingnya budaya K-Pop.

Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Kuliah di Korea"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel