Kuliah di Austria

Seperti halnya di Indonesia, perguruan tinggi di Austria bisa dikategorikan menjadi 5 yaitu : Universitas (Universitäten), Universitas Seni (Kunstuniversitäten), Universitas Terapan atau Politeknik (Fachhochschulen), Universitas untuk Pendidikan Guru (Pädagogische Hochschulen), dan Universitas Swasta (Privatuniversitäten). Masing-masing mempunyai peraturan, persyaratan dan program yang berbeda-beda.
source: wikipedia
UNIVERSITAS UMUM DAN UNIVERSITAS SENI
Universitas Umum, adalah lembaga pendidikan di Austria yang menyelenggarakan program pendidikan berbagai disiplin ilmu dan program sp- esialis. Sedangkan 6 Universitas musik di Austria menyelenggarakan program pendidikan musik, drama, dan seni audio visual.

Pada umumnya kuliah di Austria menggunakan bahasa Jerman, namun tersedia beberapa program dalam bahasa Inggris di beberapa Universi- tas khusunya program doktoral. Sistem pendidikan tinggi di Austria terbagi dalam dua semester yaitu winter semester dan summer semester. Perkulia- han winter semester dilaksanakan dari 1 Oktober hingga 31 Januari sedangkan summer semester dilaksanakan dari 1 Maret hingga 30 September.

Namun perlu dicatat disini bahwa tidak ada perkuliahan pada hari Natal dan semester break.

UNIVERSITAS TERAPAN ATAU POLITEKNIK
Universitas Terapan atau University of Applied Sciences (Fachhochschulen/ FH) merupakan lembaga pendidikan yang menprogram pendidikan profesional untuk orientasi kerja. Kalau di Indonesia biasa dikenal dengan Politeknik. Kurikulum yang digunakan adalah menitikberatkan pada praktek dan magang kerja. Pada Universitas ini, jumalah mahasiswa dibatasi sehingga memerlukan kelulusan ujian seleksi masuk yang diberikan pihak universitas.

Gelar akademik yang dianugrahkan pada lulusannya terdiri dari Bachelor dan Master of Science. Untuk menyelsaikan program Bachelor diperlu- kan waktu 3 tahun sedangkan untuk master diperlukan 1-2 tahun. Lulusan dari universitas ini juga dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan doktoral di universitas umum.

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GURU
Perguruan Tinggi untuk Pendidikan Guru memberikan pendidikan bagi para calon guru di sekolah-sekolah pemerintah. Mereka menawarkan program studi dengan gelar bidang pendidikan untuk sekolah dasar, sekolah menengah dan sekolah berkebutuhan khusus. Selain studi akademis dan teoritis, pengajaran ditekankan terlebih kepada pelatihan dan praktek yang berorientasi pada sekolah. Selain itu, perguruan tinggi ini menawarkan kesempatan pendidikan tingkat lanjut kepada semua guru.

1. Alasan Kenapa Kuliah di Austria
Kualitas pendidikan di Austria bisa jadi sama dengan negara-negara lain di Eropa. Namun,ada satu hal yang bikin Austria itu istimewa : Perpustakaannya. Tahukah anda bahwa Perpustakaan Biara Terbesar di Dunia terletak di Austria? Di Biara tersebut perpustakaanya memiliki berbagai koleksi manuskrip kuno yang sangat langka. Perpustakaan Biara ini secara garis besar dibagi menjadi 3 bagian. Ada sekitar 200 ribu buku di perpustakaan peninggalan era Barok akhir itu. Wah, seru kali ya jalan-jalan di perpustakaan itu.
Pada bagian atas langit-langit bangunan perpustakaan, terdapat ukiran dan 7 karya lukisan yang sangat indah yang merupakan karya dari Bartolomeo Altomonte. Usia dari lukisan tersebut sudah berusia sekitar 80 tahun.
Jika ditelusuri arti nama Biara, biarawan adalah orang yang bertanggungjawab memelihara berbagai buku langka dan kuno serta menyimpan buku-buku tersebut di perpustakaan demi kepentingan generasi yang akan datang.

2. Biaya Kuliah
Tuition fee (atau kita biasa menyebutnya sebagai uang SPP) per semester di universitas di Austria sangatlah murah (dibandingkan mayoritas uni- versitas di Indonesia), yakni 363,36 EUR per semester. Ditambah biaya ÖH Beitrag (student union membership fee) 16,5 EUR per semester, menjadikan biaya semesteran kita “hanya” sekitar 380 EUR per semester. Tidak ada biaya SKS di Austria.

Hal ini juga yang menyebabkan banyak pelajar dari Indonesia yang menuntut ilmu di negeri ini. Orang mengatakan: kualitas (pendidikan) bin- tang lima, harga kaki lima.

Belum ada Komentar untuk "Kuliah di Austria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel