Lima Keunggulan Kuliah di Selandia Baru

Selama ini, sebagian besar orang selalu mengincar peluang melanjutkan studi ke benua Eropa, Amerika, atau terbatas hanya di Australia saja. Padahal, tidak jauh dari negeri kanguru tersebut, terdapat satu negara kecil yang juga memiliki kualitas pendidikan tidak kalah dengan pendidikan di negara lain yaitu Selandia Baru.
source: wikipedia
Berikut lima keunggulan kuliah di Selandia Baru:
1. Kualitas pendidikan yang baik Sebagai salah satu negara persemakmuran Inggris, kualitas pendidikan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan Inggris karena sistem yang dianut diadopsi dari sistem pendidikan Inggris yang menawarkan World Class University. Selain itu, fasilitas pendidikan dan perpustakaannya lengkap sehingga memudahkan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas.
2. Lingkungan yang menyenangkan Lingkungan sosial di Selandia Baru sangat menyenangkan dengan penduduk yang ramah. Berbagai macam hiburan dan tempat wisata yang beragam bisa dijadikan pilihan saat waktu luang. Untuk mahasiswa Indonesia, meski jumlahnya sedikit, tetapi kekeluargaan yang dijalin dengan sesama Indonesia maupun mahasiswa lain biasanya sangat kuat.
3. Biaya kuliah dan biaya hidup yang murah Selandia Baru memiliki penawaran menarik untuk masyarakat Indonesia, yaitu kebijakan pemerintah yang mengenakan biaya domestik untuk mahasiswa internasional di seluruh universitas Selandia Baru. Dengan demikian, mahasiswa hanya membayar sesuai dengan biaya kuliah di universitas negeri di Indonesia. Untuk biaya hidup, apabila dibandingkan dengan negara lain, maka Selandia Baru jauh lebih murah.
4. Hubungan yang dekat antara mahasiswa dengan dosen Biasanya kan mahasiswa segan untuk banyak berbicara dengan dosen, maka di Selandia Baru justru mahasiswa didorong untuk lebih banyak berkomunikasi dengan dosen. Tujuannya untuk membuka wawasan pengetahuan yang belum dipahami. Dosen juga biasanya lebih terbuka, dan menyempatkan waktu bertemu dengan mahasiswanya di lokasi yang sesuai untuk belajar.
5. Peluang kerja terbuka lebar bagi lulusan Selandia Baru Banyaknya jurusan yang ditawarkan di Selandia Baru dan kualitas pendidikan yang bermutu, membuat lulusan dari Selandia Baru banyak dicari sehingga tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan. Bahkan, tidak sedikit mahasiswa luar yang belajar di Selandia Baru langsung lanjut bekerja di negeri kiwi ini.

BIAYA KULIAH
Biaya kuliah di Selandia Baru bisa dikatakan standart. Bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan Australia dengan kualitas pendidikan yang tidak kalah baiknya. Biaya kuliah di Selandia Baru adalah sekitar NZ$15,000-NZ$25,000/ tahun untuk Diploma/Sarjana. Sedangkan untuk Pasca-Sarjana berkisar antara NZ$20,000- NZ$25,000/tahun.

BEASISWA
Kuliah di Negara maju beasiswa memang menjadi andalan. Beasiswa ke Selandia Baru yang paling populer adalah The New Zealand-ASEAN Scholars Awards (NZ-AS). Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah New Zealand kepada orang-orang yang berasal dari asia tenggara. Mereka berharap melalui beasiswa ini, pembangunan di ASEAN bisa lebih berkembang jika SDMnya mendapat pendidikan kelas dunia.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa ini bagi Warga Negara Indonesia adalah orang tersebut harus telah tinggal di Indonesia paling tidak selama dua tahun pada saat mengajukan beasiswa. Pelamar juga tidak boleh sedang menerima beasiswa lainnya.

Selain itu tingkat pendidikan yang diambil harus satu tingkat di atas pendidikan yang telah ditempuh. Misalnya Anda sudah menyelesaikan S2 maka Anda harus mendaftar untuk program S3.

Beasiswa ini cukup mudah untuk didapat. Apalagi sesuai misi awalnya untuk membantu pembangunan negaranegara di kawasan ASEAN, maka jika Anda belum begitu lancar berbahasa Inggris Anda akan mendapatkan pelatihan bahasa secara gratis.

Belum ada Komentar untuk "Lima Keunggulan Kuliah di Selandia Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel