Mengatasi Jenuh Kuliah

 Apakah Anda merasakan kuliah begitu jenuh? Hal tersebut umumnya terjadi pada sebagian mahasiswa yang sedang menempuh studi. Entah itu dari program studi manapun. Jenuh itu sesuatu yang alamiah dan Anda tidak bisa menolak hal tersebut. Hal itu berjalan alamiah, dan biasanya terjadi ketika kita bosan hidup dalam suatu siklus tertentu. Jenuh ini harus kita kelola dan bukan menghindarinya. Biasanya hal jenuh direpresentasikan dengan kata-kata dibawah ini:

1. "Capek"
Dalam menjalani kehidupan maka ketika kita merasakan capek dan lelah itu wajar. Justru ketika kita tidak merasakan lelah disitulah Anda sebenarnya tidak hidup sebagai manusia. Manusia yang mempunyai tujuan pasti merasakan lelah. Ingatlah untuk mencapai suatu kebahagian Anda harus melewati jalan yang melelahkan. Semakin tujuan Anda besar maka semakin anda lelah. Jika tidak ingin capek, berhentilah kuliah. Anda tidak perlu hadir di kelas dan buatlah surat pengunduran diri. Orang tua Anda jelas lebih capek membanting tulang demi membiayai Anda. mereka tidak mengeluh sama sekali asalkan anaknya sukses

2. "Stres"
Selama homo sapiens hidup maka disitulah muncul masalah disekitarnya, hal ini membaut sapiesn stres. Hal inilah yang membuat sapiens masih bertahan hingga saat ini. Stres itu sesuatu yang wajar dan lumrah. Stres itu mengikuti peran seseorang. Jika Anda stres sebagai mahasiswa anda jelas masih dibawah. Menjadi seorang profesional dan seorang pengusaha jauh lebih stress. Namun bagaimana mereka tetap bisa bertahan? mereka mengelola stres tersebut. Mereka tidak menghindari stres tersebut dan mereka menghadapi stres tersebut. Mereka tidak mencari pelarian seperti nonton drama korea atau anime jepang seharian untuk menghindari tugas-tugas kuliah yang membuat stres. Stres semakin dihindari maka semakin besar stres serta masalahnya di masa yang akan datang.

3. "Bosan"
Ketika dilanda bosan dan menggerutu "hidupku ko monoton seperti ini-ini saja" Berarti ada yang salah dengan hidup Anda? Apa yang salah? Berarti anda selama ini tidak punya tujuan hidup. Orang yang mempunyai pilihan dalam hidup akan menjalani semuanya dengan penuh tanggung jawab. Ia tidak merasa jenuh sama sekali. Ia fokus mengejar target-target yang ada. Ia tahu jalan yang ia tempuh terjal. Ia untuk mendapatkan tujuan yang besar maka harus menderita yang besar juga. Ingat tidak ada orang-orang yang sukses yang jalannya mudah. Mereka tidak kenal kata bosan walaupun sering gagal. Karena menurut mereka itu semua adalah reksiko. Ketika bosan, tanyakan diri Anda, apa yang Anda ingin capai selama diperkuliahan ini?

Sekedar saran dari penulis:
1. Ingatlah Tanggung Jawab
Ketika anda memilih keputusan kuliah maka Anda bertanggung jawab atas keputusan tersebut. Bukan orang lain yang bertanggung jawab. Anda gagal karena diri Anda sendiri. Berhentilah mencari kambing hitam. Biasanya yang dibiayai kuliah oleh orang tua maka juga harus bertanggung jawab kepada orang tua. Karena mereka telah membiayai Anda selama ini. Anda harus mempertanggung jawabkan kuliah Anda kepada mereka juga. Jika anda dibiayai oleh beasiswa maka harus bertanggung jawab kepada sponsor beasiswa tersebut. Lari dari tanggung jawab dan merasa jenuh kuliah anda akan semakin berantakan dan semua akan jauh terasa ruwet.

2. Lakukan
Jika anda benar-benar jenuh maka lakukanlah kuliah anda secara benar. Jadikan kejenuhan menjadi alasan untuk keluar dari tanggung jawab. Jika anda benar-benar muak lakukanlah dengan sungguh-sungguh agar Anda tidak terjebak dalam siklus kejenuhan yang tidak berarti.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Jenuh Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel