5 Cara Agar Dosen Menyukai Kita

source: pixabay.com
Seorang mahasiswa pada umumnya mempunyai keinginan agar mendapatkan kesan yang baik di depan dosen-dosennya. Bukan berarti dalam hal ini ingin menjilat tapi lebih ingin membangun citra yang positif. Dengan mendapatkan citra positif dan kesan yang baik maka secara tidak langsung dosen akan menyukai kita.

Berbagai macam cara dilakukan oleh mahasiswa agar bisa mendapatkan hal tersebut.  Usaha keras pun dilakukan. Namun biasanya timbul kesan diantara mahasiswa bahwasannya mahasiswa yang sedang membangun citra positif agar disukai dosen lebih kepada sifat cari muka dan penjilat. Sekali lagi, itu belum tentu. Membangun citra positif agar dosen menyukai kita akan menolong kita nantinya ketika lulus kuliah dengan berhasil membangun branding diri yang baik. Sedangkan penjilat hanya bisa mempertahankan kesan sesaat dan dosen pun lama-lama mengetahuinya. Berikut ini adalah 5 cara agar dosen menyukai kita:

1. Disiplin
Sikap disiplin ini menunjukan diri kita adalah orang yang serius belajar dan mengikuti perkuliahan. Dengan sikap disiplin ini kamu dipandang dosen sebagai mahasiswa yang niat kuliah. Displin disini dibagi menjadi beberapa hal. Pertama adalah datang tepat waktu ketika perkuliahan. Jangan sampai datang terlambat karena sikap displin seperti ini akan terbawa nantinya hingga masuk dunia kerja. Kedua adalah masalah absensi. Ikuti perkuliahan secara teratur sebisa mungkin jangan bolos. Kita akan tertinggal materi perkuliahan. Usahakan ketika tidak masuk kuliah benar-benar alasan yang jelas dan memang bersifat penting/urgent

2. Bernampilan Rapi
Rapi itu sendiri tidak harus memakai kemeja dengan dasi. Maksudnya adalah berpakaian yang pantas dan sopan. Pakaian yang kita gunakan enak dipandang oleh orang-orang termasuk dalam hal ini dosen. Berpenampilan rapi ini berarti kamu telah menghargai dosen. Disini terlihat kamu orang yang punya sopan santun, tidak memakai baju asal-asalan bahkan cendrung kumel. Kebiasaan berpakaian rapi juga akan terbawa nantinya hingga sampai dunia kerja. Ingat orang-orang biasanya akan tertuju pada firts impression. 

3. Tidak Berisik
Sifat berisik ini sendiri kurang begitu disenangi oleh dosen. Bagi dosen, sikap berisik ini dilihat sebagai tidak menghargai kuliah yang sudah diberikan. Jadi, diri kita jangan sampai berisik dan mengganggu perkuliahan. Dosen biasanya menyukai mahasiswa yang tidak berisik ketika perkuliahannya. Semakin kita berisik yang ada dosen akan membenci kita, bahkan tidak segan mengusir kita dari kelasnya.

4. Aktif dikelas
Dosen menyukai mahasiswanya yang aktif di kelas bukan yang berisik. Aktif disini, dimana mahasiswanya antusias mengikuti perkuliahan Hal ini dibuktikan dengan kita mengikuti seksama perkuliahan, selain itu kita berani menanyakan materi yang kita anggap tidak tahu. Dosen umumnya memang menyukai pertanyaan dari mahasiswanya. Disini, jangan coba menanyakan pertanyaan yang sepele yang kita pun sebenarnya tahu jawaban itu. Hal tersebut, malah dilihat dosen sebagai ajang cari muka.

5. Tugas Tepat Waktu dan Jujur
Biasanya terjadi dimana mahasiswa tidak tepat waktu memberikan tugasnya kepada dosen. Hampir semua dosen tidak menyukai hal tersebut. Hal ini dipandang, bahwasannya kita adalah mahasiswa yang malas dan tukang menunda-nunda. Jika kita diberikan deadline tanggal 2, maka serahkanlah tepat waktu. Atau bisa lebih cepat jika dosen menghendakinya. Hal lainnya, adalah kejujuran dalam mengerjakan tugas. Diantara mahasiswa ada yang tidak jujur dalam mengerjakan tugas dengan mencopy paste karya/tugas orang lain lalu diklaim sebagai hasilnya kerjanya. Ini adalah pelanggaran berat yang serius di dunia kampus. Biasanya dosen tanpa ampun menghukum mahasiswa yang melakukan hal tersebut. Hukuman terberatnya adalah tidak meluluskan kuliahnya. Kita harus menghindari hal tersebut dengan jujur mengerjakan tugas tanpa harus copy paste.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Agar Dosen Menyukai Kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel