5 Tips Sukses Hadapi UTS dan UAS di Kampus

UTS dan UAS, bahkan ujian dadakan seperti kuis di dunia perkuliahan merupakan hal yang biasa dan mesti dihadapi. UTS dan UAS ini kerap membuat mahasiswa stres menghadapinya. Tapi stres ini sendiri bukan kunci sukses untuk menghadapi UTS dan UAS. Ada cara dan kiat khusus untuk menghadapi UTS dan UAS di kampus. Berikut ini adalah 5 tips sukses hadapi UTS dan UAS di kampus:

1. Belajar
Yah pastilah belajar. Kalau ngga belajar yah mana bisa lulus UTS dan UAS nya. Namun disini yang diperlukan sekali adalah kekonsistenan kita dalam belajar dan ketekunan kita juga. Ketika dua hal ini dipegang maka kemungkinan besar Anda akan lulus UTS dan UAS. Jangan suka menerapkan sistem belajar SKS atau biasa disebut sistem kebut semalam. SKS kurang efektif dalam jangka panjang belajar. Karena mau tidak mau SKS lebih bersifat menghapal daripada berusaha memahami materi kuliah yang diajarkan selama ini.

2. Kurangi Nongkrong
Salah satu kegiatan asik yang suka dilakukan oleh mahasiswa di kampus adalah nongkrong dengan teman-teman. Kegiatan ini sah-sah saja, namun perlu dibatasi kalau perlu dikurangi. Karena kegiatan ini sendiri sangat menyita waktu. Ketika nongkrong biasanya kita tidak sadar jika waktu sudah berjalan cepat. Tanpa sadar kita sudah menghabiskan waktu berjam-jam nongkrong dengan teman-teman.

3. Ke Perpustakaan
Nongkrong di perpustakaan jauh lebih membawa dampak positif dalam upaya menghadapi UTS dan UAS di kampus. Di perpustakaan ini kita bakal lebih banyak mendapatkan sumber referensi belajar untuk menghadapi UTS dan UAS yang akan berlangsung. Selain itu perpustakaan juga tempat yang nyaman untuk belajar karena jauh dari keberisikan kerumunan orang-orang.

4. Tanya Senior
Apa yang perlu ditanyakana kepada senior? Tanyakan ujian dosen A seperti apa ciri khasnya. Apakah cendrung susah? Apakah cendrung hanya mengulang soal-soal tahun lalu saja? Apakah dosen A memberikan pertanyaan dari materi yang ia persentasikan di dalam kelas? Hal ini penting dilakukan karena agar belajar kita efektif dan efisien. Jangan sungkan untuk nanya karena ini demi sukses hadapi UTS dan UAS di kampus.

5. Doa
Akhiri semua dengan doa.  Berdoalah sebelum ujian,  semoga UTS dan UAS nya dilancarkan dan dimudahkan dalam hal menjawab pertanyaan. Ingatlah prinsip "doa tanpa kerja keras sebuah omong kosong, kerja keras tanpa doa bentuk kesombongan". Setelah selsai mengerjakan UTS dan UAS maka mintalah hasil yang terbaik.

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Sukses Hadapi UTS dan UAS di Kampus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel