8 Cara Presentasi yang Baik Agar Didengarkan Audiens

Presentasi merupakan kegiatan keseharian bagi orang yang berkecimpung dalam dunia sekolah, kampus, dan dunia kerja. Tujuan dari presentasi sendiri adalah menyampaikan informasi kepada orang-orang banyak. Presentasi ini bisa dikatakan ajang menunjukan cara berkomunikasi di depan umum dan cara meyakinkan orang-orang. Banyak orang-orang yang kesulitan dalam presentasi. karena mereka tidak mengetahui cara dan tekniknya. Berikut ini adalah 8 cara presentasi yang baik agar didengarkan Audiens:

1. Persiapkan Materi yang Ingin dipresentasikan
Buatlah materi jauh-jauh hari sebelum dilakukannya presentasi. Hindari membuat materi prensentasi secara dadakan atau pun sistem kebut semalam. Jika membuat materi presentasi jauh-jauh hari membuat kita lebih niat mengumpulkan sumber terbaik untuk hari presentasi. Selain itu, membuat kita lebih banyak waktu untuk mengusai materi presentasi. Ingat pengusaaan materi ini penting untuk dilakukan agar kita enjoy dan santai ketika presentasi.  Jika membuat materi presentasi dengan sistem SKS yang ada kita akan terburu-buru dan panik. Mau tidak mau kita hanya mengandalkan sistem hapalan yang mana dampaknya buruknya adalah kemungkinan blank ketika presentasi.

2.Makan Makanan Bergizi Sebelum Berangkat
Asupan makanan bergizi penting untuk menunjang peforma kita presentasi. Jika memilih makanan secara asal-asalan dan tidak sehat bisa membawa efek buruk bagi kita. Misal ketika kita memilih makanan pedas-pedas ketika berangkat yang ada kemungkinan nanti bisa sakit perut ingin BAB. Amat memalukan jika sampai itu terjadi ketika sedang presentasi.

3. Tenangkan Pikiran dan Rilek Sebelum Memulai
Jika momen presentasi itu amat penting sekali biasanya kita akan tegang dan kehilangan ketenangan. Oleh sebab itu sebelum memulai presentasi sugestikan pikiran kita dengan hal baik. Jangan sekali-sekali berpikiran buruk karena itu bisa menghancurkan konsentrasi dan materi yang ingin kita bawakan nanti. Rileks dan jangan tegang. Semua akan baik-baik saja. Katakan pada diri kita ini "all is well". Selain itu tampilah secara lepas tanpa beban. Karena biasanya yang membuat kita gugup karena beban pikiran sendiri.

4.  Berdoa
Sebelum maju, berdoalah kepada yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dalam presentasi tersebut. Berdoa agar semua lancar sesuai rencana. Berdoalah semoga Tuhan memberikan pertolongan ketika kita sedang kesulitan. Berdoa ini mensugesti pikiran kita agar jauh lebih tenang sebelum beberapa menit kemudian kita menghadap kepada Audiens. Dan jangan lupa tutup juga dengan doa sebagai ungkapan rasa syukur kita presentasi berjalan dengan baik.

5. Fokus Kepada Audiens
Ketika kita presentasi didepan audiens seharusnya mata kita fokus tertuju pada audiens. Biasanya kesalahan fatal dalam presentasi adalah terlalu sering melihat slide power point yang ditampilkan. Sehingga, melupkan audiens yang ada didepan. Hal ini juga dinilai bahwasannya kamu dinilai tidak siap untuk presentasi.  Alhasil, malah nantinya akan memberikan penilaian buruk dari para guru, dosen, atau pun rekan bisnis. Untuk bisa fokus seperti ini maka lakukan seperti point pertama, persiapkan semuanya dengan baik jauh-jauh hari.

6. Jangan Kaku
Salah satu sifat kaku ketika presentasi adalah hanya sekedar membaca slide yang ditampilkan saja. Tanpa menjelaskan secara rinci poin-poin yang ada di slide tersebut. Akhirnya yang ada presentasi tersebut hanya sekedar membaca saja. Audiensnya akhirnya tidak tertarik dan mengantuk. Jangan kaku, pikat audiens dengan gaya bicara kita yang menarik. Untuk itu, perlu dibuat materi presentasi yang kreativ sehingga audiens merasa tertarik dan jangan lupa kita juga harus menjelaskannya materinya juga menarik. Selain itu gestur badan jangan juga mematung karena hal itu juga buruk. Menandakan kita tegang ketika presentasi. Tunjukan keaktifan badan kita, seperti menunjuk hal menarik dalam materi presentasi atau pun memberikan penekanan dengan gestur tangan kita.

7. Hindari bertele-tele
Presentasi idealnya hanya sekitar 10-15 menit saja. Usahakan jangan terlalu lama, yang ada presentasi ini seperti memberi ceramah panjang dan terkesan monoton. Jelaskan sejelas-jelasnya tanpa bertele-tele. Jelaskan poin-poin yang kita ingin tekankan. Jangan melebar-lebarkan materi yang ada. Buat para audiens mendapatkan inti yang kita sedang jelaskan. Jangan biarkan mereka mengantuk karena penjelasan kita yang berputar-putar.

8. Menjawab Langsung Pertanyaan
Salah satu indikator presentasi kita baik dan kita berhasil menguasai materi yang kita bawa adalah ketika kita berhasil menjawab pertanyaan audiens tanpa melihat buku atau searching di google. Ketika kita melakukan dua hal tersebut maka kita belum siap presentasi. Presentasi yang dibawakan dibuat dengan sistem kebut semalam. Ketika ada pertanyaan menarik dan memang sulit untuk dijawab oleh kita, maka ada baiknya kita memuji pertanyaan tersebut dan melempar kepada audiens, siapa sekiranya yang bisa menjawab pertanyaan tersebut?

Itulah 8 cara presentasi yang baik agar didengarkan Audiens. Semoga tips dan trik tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Presentasi yang Baik Agar Didengarkan Audiens"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel