9 Perusahaan Terbesar di Dunia Tahun 2019

Bulan Juli 2019 lalu, salah satu majalah bisnis dan ekonomi terkenal Fortune merilis data perusahaan terbesar di dunia. Fortune mengklasifikasi perusahaan tersebut dengan beberapa indikator. Pertama di lihat dari jenis industri apa yang dijalankan. Kedua berdasarkan pendapatan perusahaan tersebut. Dari 9 perusahaan terbesar tersebut, 3 perusahaan berasal dari Tiongkok, 2 berasal dari Amerika Serikat, sisanya dari negara lainnya. Dari data tersebut juga mayoritas perusahaan tersebesar tersebut bergerak dalam bidang energi khususnya perminyakan.

Berikut adalah 9 Perusahaan Terbesar di Dunia Tahun 2019:
1. Walmart
Walmart bergerak dalam bidang retail. Perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat ini mengoperasikan jaringan departemen store diberbagai negara dengan nama yang berbeda-beda.

2.  Sinopec Group


Tiongkok mengalami perkembangan industri besar-besaran pasca jatuhnya rezim Mao Ze Dong. Salah satu industri yang berkembang adalah industri energi dan peminyakan. Sinopec group berhasil mengguli perusahaan minyak besar lainnya seperti Aramco.

3. Royal Dutch Shell
Belanda walaupun tidak mempunyai sumur minyak mempunyai perusahaan minyak besar yaitu Shell. Hal ini berbanding terbalik dengan negara yang dijajahnya melalui pertamina yang tidak pernah masuk jajaran perusahaan perminyakan terbaik di dunia, yang malah cendrung merugi.

4. China National Petroleum Corp
Lagi-lagi perusahaan bidang energi Tiongkok masuk dalam jajaran 9 perusahaan terbaik. Perusahaan multinasional ini juga berbasis di Beijing.

5. State Grid
State Grid ini bergerak dalam bidang listrik dan utilitas. State Grid ini persis dengan PLN yang mana sama-sama memonopoli listrik negara.

6. Saudi Aramco
Saudi Arabian Oil Co merupakan perusahaan minyak nasional BUMN yang berpusat di Dharan. Secara pendapatan memang Aramco kalah dengan Wallmart namun valuasi dari Aramco sendiri 10 triliun dollar AS, yang merupakan perusahaan dengan nilai tertinggi. Perusahaan ini sendiri akan IPO pada 11 Desember 2019.

7. BP
Perusahaan ini yang bernama lengkap British Petroleum ini bermakas di kota London Inggris.  Perusahaan ini bisa dikatakan perusahaan yang penuh dengan sejarah karena umurnya yang bisa dikatakan tua yaitu 111 tahun dan dulu namanya adalah Anglo-Persian Oil Company baru pada tahun 1954 menjadi BP seperti sekarang ini.

8. Exxon Mobil
Salah satu perusahaan minyak yang terkenal di Amerika Serikat dan terbesar di dunia adalah Exxon Mobil. Perusahaan ini sendiri bermakas di negara bagian Texas.

9. Volkswagen
Jika anda mengira perusahaan mobil jepang masuk dalam 9 perusahaan terbesar di dunia dugaan tersebut salah. Memang perusahaan mobil jepang sendiri banyak namun tidak ada yg masuk dalam jajaran 9 perusahaan terbesar. Raksasa otomotif sendiri di pegang oleh Volkswagen yang merupakan pabrikan mobil asal Jerman.

Sumber: instagram @detektif.data

Belum ada Komentar untuk "9 Perusahaan Terbesar di Dunia Tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel