Cara Chat Dosen Pembimbing Skripsi Agar Cepat Dibales

 
source: fjb.kaskus.co.id
Babak akhir dari kehidupan mahasiswa adalah membuat tugas akhir atau pun skripsi. Setiap tugas tersebut tentunya mempunyai dosen pembimbing atau biasa disebut dospem. Dalam fase ini setiap mahasiswa mempunyai kesulitan tersendiri dalam menghadapi dosen pembimbing. Salah satu masalah besarnya adalah berkomunikasi dengan dospem. Tentunya disini permasalahannya terletak pada etika atau cara berkomunikasi. Biasanya mahasiswa menggunakan komunikasi via chat dengan dospemnya. Berikut ini adalah cara chat dosen pembimbing skripsi agar cepat dibales:

1. Waktu yang Tepat
Chat jangan asal chat. dosen pembimbing mempunyai kesibukan juga. Ingat jangan coba chat ketika jam kerja dospem. Hal tersebut mengganggu dospem. Selain itu, jam istirahat juga tidak boleh. Pastikan chat dospem ketika di waktu luangnya. Biasanya waktu luang tersebut kisaran pada sore hari. Pengalaman saya, saya selalu chat pada sore hari karena saya tidak mau dospem merasa terganggu dengan permintaan bimbingan. Kalau masih ragu dengan waktu, tanya pada kaka kelas yang pernah bimbingan  dengan dospem tersebut.

2.  Salam
Ini merupakan hal dasar yang mesti dilakukan dan ini berkaitan dengan nilai kesopanan. Salam ini menunjukan kalau kamu mahasiswa yang mempunyai adab. Dosen pembimbing tentunya kesal dan enggan membalas jika chat tidak diawali dengan salam. Salam disini disesuiakan dengan dosennya.  Jika dosennya muslim adanya baiknya mengucapkan Assalamualaikum yang disertai dengan ucapan selamat pagi/siang/sore/malam. Jika non muslim ucapkan permisi.

3. Perkenalkan diri
Setelah mengucapkan salam, maka yang perlu dilakukan adalah memperkenalkan diri dengan jelas. Berdasarkan pengelaman saya, saya biasa memperkenalkan  diri dengan menyebutkan nama, tahun angkatan, serta judul skripsi. Jangan minta bimbingan tanpa mengenalkan diri. Padahal belum tentu dospem mengenal kalian. Ingat dospem biasanya tidak membimbing satu mahasiswa saja namun banyak yang dibimbing. Jadi jangan sampai lupa memperkenalkan diri.

4.  To The Point
Ingat jangan terlalu banyak berbasa-basi. Dospem kebanyakan tidak suka hal tersebut. Jadi ketika sudah memperkenalkan diri jangan lupa untuk to the point bahwasannya kita ingin bimbingan untuk skripsi. Bertele-tele dan berbasa-basi membuat dosen bad mood kepada kita.

5. Kapan Bisa Bimbingan?
Setelah mengutarakan maksud dan tujuan maka hal selanjutnya adalah menanyakan waktu kapan bisa bimbingan? Hati-hati, selama kuliah saya suka menemui mahasiswa yang nyolot dan kurang ajar. Jadi mahasiswa tersebut malah memaksa dosen untuk mengikuti waktunya. Padalah mahasiswa tersebut yang butuh dospem. Dimana harusnya kita lah yang harus bersedia mengikuti waktu yang ditentukan oleh dosen pembimbing. Ingat pergunakan bahasa yang halus dimana bahasa tersebut juga menunjukan komitmen kita. Contohnya saya menggunakan bahasa seperti ini:
"Mas **** kira-kira kapan ada waktu untuk bimbingan? Saya siap mengikuti waktu yang mas **** mau"
Ditempat saya panggilan akrab menggunakan "mas"

Belum ada Komentar untuk "Cara Chat Dosen Pembimbing Skripsi Agar Cepat Dibales"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel