11 Cara Menjadi Mahasiswa Hemat

1. Catat
Ini merupakan langkah awal untuk berhemat. Catat semua kebutuhan dan berapa uang  yang akan dibutuhkan paling tidak untuk sebulan kedepan. Selain itu, jangan lupa catat juga pengeluaran sehari-hari. Sisihkan waktu pada malam hari untuk mencatat. Hal ini tentunya tidak akan memakan waktu lama. Kenapa perlu mencatat dua kali perbulan dan perhari? Hal ini untuk mencocokan, apakah pengeluaran dalam sebulan itu sesuai dengan perharinya. Selain itu, dipakai sebagai bahan evaluasi juga. Contohnya ada pengeluaran tidak terduga dalam keseharian yang mana nanti bisa dianggarkan untuk bulan depan.

2. Mencari Pekerjaan Part time
Setelah itu yang perlu dilakukan adalah mencari pekerjaan tambahan. Mencari pekerjaan tambahan ini jangan sampai menggangu perkuliahan. Banyak selama ini pekerjaan part time atau paruh waktu yang menghasilkan uang lumayan bagi mahasiswa. Pekerjaan part time ini mempunyai dampak positif. Pertama kita akan belajar mengantur waktu dengan baik. Kedua kita bisa mendapatkan uang tambahan setiap bulannya. Ketiga kita sudah terlatih bekerja sejak dunia kuliah.

3. Beasiswa
Bagi kamu yang benar-benar butuh uang dan tidak di suport finansila yang kuat oleh orang tua, alangkah baiknya untuk mencari beasiswa. Beasiswa ini akan sangat meringankan kehidupan perkuliahan baik itu dari segi biaya perkuliahan atau pun pengeluaran yang berkaitan dengan kuliah. Beasiswa ini biasanya juga memberikan uang saku kepada mahasiswanya. contohnya adalah beasiswa bidik misi yang memberikan uang jatah bulanan.

4. Tinggal di Asrama Kampus
Biasanya kampus yang besar memiliki gedung asrama bagi mahasiswanya. Berita baiknya, biasanya uang sewa asrama jauh lebih murah daripada uang kosan atau kontrakan. Ada baiknya upaya berhemat yang dilakukan salah satunya adalah tinggal di asrama kampus.

5. Tinggal Bareng
Jika tidak ada asrama kampus atau pun tidak kebagian jalan lainnya adalah tinggal bareng. Jika sudah mempunyai teman akrab sejak mahasiswa baru, ajaklah teman tersebut untuk ngekos bersama. Atau jika punya teman lebih dari satu maka lebih baik ngontrak bersama. Kontrakan biasanya lebih murah sewanya dibandingkan kosan. Selain itu, tempatnya juga jauh lebih luas.

6. Memasak sendiri
Salah satu pengeluaran terbesar mahasiswa adalah pengeluaran makan. Untuk mensiasati hal tersebut agar lebih hemat, maka alangkah baiknya kita masak sendiri. Minimal kita masak nasi sendiri lalu membeli lauknya di warteg. Malah lebih bagus lagi kita bisa masak lauk sendiri. Hal ini tentunya lebih menghemat pengeluaran kita lagi. Untuk bisa masak sendiri usahakan mencari kosan atau kontrakan yang memiliki dapur sendiri.

7. Meminjam Buku
Harga buku perkuliahan ini cukup menguras kantung mahasiswa. Untuk fotocopy pun juga sama. Salah satu cara untuk menekan anggaran buku adalah dengan meminjam buku kepada kakak kelas. Sebisa mungkin kita mempunyai hubungan yang baik dengan kakak kelas agar kakak kelas tersebut mau meminjam buku perkuliahannya. Coba bayangkan sudah berapa yang kita hemat jika kita menekan anggaran buku perkuliahan?

 8. Manfaatkan Diskon
Biasanya para perusahaan fintech seperti gopay, ovo, dana, dll. memberikan diskon kepada customernya termasuk dalam hal ini mahasiswa juga. Untuk mendapatkan diskon tersebut maka kita harus sering memantau informasinya. Jika ingin tidak ketinggalan informasi maka kita bisa mengikuti sosial media mereka. Para perusahaan tersebut biasanya memberikan informasi diskon di akun sosmed yang mereka punya. Perlu diketahui diskon ini tidak hanya diberikan oleh perusahaan fintech saja, namun juga perusahaan lain yaah.

9. Mencuci Pakaian sendiri
Sebagian mahasiswa memanfaatkan jasa laundry untuk mencuci pakaian. Nah untuk bisa lebih hemat maka alangkah baiknya kita mencuci pakaian sendiri. Memang terkesan melalahkan namun hal ini bisa mengurangi pengeluaran secara signifikan. Sekedar saran agar tidak terlalu capek, carilah kosan yang menyediakan mesin cuci.

10. Memanfaatkan Wifi
Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mahasiswa. Untuk bisa menekakan biaya pengeluaran internet yang lumayan menguras kantong solusinya adalah memanfaatkan wifi. Dengan adanya wifi kita bisa menggunakan internet sepuas hati tanpa khawatir masalah kuota. Biasanya setiap kampus menyediakan wifi bagi mahasiswanya. Selain itu kosan sekarang pun banyak yang sudah dilengkapi dengang wifi. Jika kita sering menggunakan wifi, maka kita tidak perlu berlangganan paket internet yang mahal. Cukup paketan internet yang paling tidak bersifat fungsional dan darurat.

11. Memanfaatkan Tranportasi Umum
Kampus yang besar biasanya memberikan kenyamanan mahasiswanya dengan kehadiran transportasi umum. Biasanya transportasi umum ini bersifat gratis bagi mahasiswa. Hal seperti inilah yang perlu dimanfaatkan oleh mahasiswa. Dibandingkan harus mengeluarkan ongkos untuk ojek online atau pun bensin untuk motor sendiri lebih baik menggunakan transportasi umum.

Semoga tips dan trik tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "11 Cara Menjadi Mahasiswa Hemat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel