5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika Ujian

Salah satu problema khas dari dari sebagian besar manusia adalah takut dengan ujian. Ujian ini tidak selalu identik dengan dunia sekolahan. Di dunia pekerjaan dan profesional juga ada ujian. Ketika menjelang ujian atau pun ketika ujian,  ada rasa takut atau pun gugup yang menghinggapi. Hal ini sebenarnya umum terjadi pada siapa pun. Ketakutan atau pun rasa gugup ini timbul karena dihinggap pikiran takut tidak lulus atau pun gagal. Rasa gugup dan takut ini harus bisa diolah dan ditenangkan. Jika rasa itu terus berlarut-larut bukan tidak mungkin kita gagal ujian karena perasaan tersebut bukan karena tidak belajar. Berikut ini adalah 5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika ujian:

1. Tenangkan diri
Tenangkan diri kita terlebih dahulu. Sugestikan dalam pikiran kita "all is well". Terkadang rasa takut dan gugup itu sendiri muncul karena pikiran kita sendiri terhadap ujian tersebut. Kita sudah menganggap bahwasannya kita akan gagal atau pun tidak berhasil. Padahal disini kita belum mencobanya. Tenangkan diri, santai, rileks, sugenstikan pikiran positif ke dalam otak kita. Dengan begitu kita akan merasa tidak terbebani dengan ujian Menenangkan diri ini harus dilakukan ketika menjelang ujian dan ketika ujian. Ingat "all is well"

2. Belajar sebelum ujian
Salah satu sarat sukses dalam menghadapi ujian adalah dengan belajar. Jika sudah mempunyai sikap tenang dalam diri yang perlu dilakukan adalah belajar. Percuma tenang namun tidak belajar kita tetap akan gagal. Sebisa mungkin belajar jauh-jauh hari agar mengurangi stres ketika ujian berlangsung. Dengan belajar jauh-jauh hari kita akan lebih santai ketika ujian. Belajarlah terjadwal dan konsisten, hindari belajar dengan sistem kebut semalam (sks).

3. Mempersiapkan Peralatan Ujian
Hal bodoh yang terkadang membikin gugup dan malu ketika ujian adalah ketika kita tidak membawa peralatan ujian yang dibutuhkan. Hindari hal tersebut, hal ini akan membuat gugup dan grogi ketika ujian. Semua persiapan yang sudah disusun dengan matang hancur berantakan karena kita tidak mempersiapkan betul-betul peralatan ujian. Sebisa mungkin persiapkan peralatan ujian H-1 ujian. Setelah itu cek sekali lagi menjelang beberapa jam sebelum ujian.

4. Ke Toilet Terlebih Dahulu
Sebagian ujian yang berlangsung tidak memperbolehkan peserta ujian untuk pergi ke toilet. Oleh sebab itu, ada baiknya kita ke toilet terlebih dahulu agar tidak merepotkan kita nantinya. Rasa ingin buang air kecil atau pun besar ketika ujian sangat mengganggu ketika ujian berlangsung  karena bisa memecah ketengangan dan konsentrasi kita. Alhasil kita akan gugup ketika ujian. Sebisa mungkin hindari makan pedas sebelum ujian untuk mencegah bencana di tengah ujian.

5. Doa dan Berpasrah
Salah satu resep penting ketika ujian adalah berdoa. Sebelum ujian ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar dimudahkan dan dilancarkan ketika ujian. Setelah menyelsaikan ujian, ada baiknya kita tutup dengan doa dan berpasrah kepada Tuhan. Apapun hasil yang diberikan itu merupakan yang terbaik dari Tuhan. Jadikan kegagalan itu sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran kita.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Rasa Gugup Ketika Ujian "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel