7 Cara Agar Memiliki Mental Kuat

Sering orang-orang mengeluh bahwasannya mereka tidak mempunyai mental yang kuat untuk menghadapi semua masalah dalam hidup. Sebenarnya, mental yang lemah bukan bawaan dari keturunan, tapi terbentuk karena semua pengalaman masa lalu kita dan latar belakang kita, sehingga membentuk kekuatan mental yang kita punya. Mental yang kuat sebenarnya bisa didapatkan jika kita ingin bersungguh-sungguh memilikinya. Berikut ini adalah 7 Cara agar memiliki mental yang kuat.

1. Meninggalkan Masa Lalu
 source: pixabay
Salah satu kendala seseorang tidak mempunyai mental yang kuat adalah masih terjebak dengan masa lalu. Biasanya orang yang mempunyai mental lemah membandingkan kondisi masa kini dengan kondisi masa lalu yang menyenangkan. Mereka masih terbayang betapa enaknya masa lalu dan betapa kejamnya kondisi saat ini. Bisa dibilang ini adalah mental block. Jika pikiran masa lalu masih mendominasi kita cepat buanglah, bangunlah, kita hidup dalam realitas saat ini bukan masa lalu. Tanamkan dalam pikiran kita, "jika kita masih terjebak pada masa lalu maka hidup kita akan menyedihkan, bergerakalah dan hadapi semuanya". Sugestikan kata-kata itu kedalam pikiran kita.

2. Jangan Takut Sendirian


 source: flickr.com
Salah satu kemalangan hidup manusia adalah kesendirian. Suka atau tidak kita akan mengalami kondisi merasa sendirian. Semakin dewasa umur kita, semakin sedikit teman kita, semakin kita juga merasa sendirian. Namun hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Sekarang yang perlu kita lakukan menghadapi kesendirian itu. Dalam kesendirian itu, kita juga berjuang untuk mendapatkan kawan berjuang. Sulit memang, tapi lebih sulit lagi ketika tidak mencoba.

3. Stop Meratapi Nasib


 source: pixabay.com
Jangan buang waktu yang kita punya untuk mengasihani diri sendiri dan meratapi atas nasib dan kesialan yang kita terima. Hal ini malah semakin kondisi semakin buruk dan menyedihkan. Setiap permasalahan yang kita terima bukan diratapi namun dipikirkan kenapa kita bisa mendapatkan masalah tersebut? Meratapi nasib membuat masalah tidak akan pernah habisnya. Kita nantinya hanya bisa mengeluh dan terus mengeluh atas kondisi yang terjadi tanpa mencari solusi. 

4. Tenang dan Berpikir Jernih
 source: pixabay.com
Ketika kita tertimpa masalah, hal yang perlu dilakukan adalah tetap tenang dan berpikir jernih. Jangan sampai emosi mempengaruhi kita dalam berpikir dan bertindak. Sulit memang untuk melatih hal tersebut, namun ada kata-kata sakti yang perlu kita sugestikan dalam pikiran kita sebelum melakukan hal tersebut, "all is well". Percayalah Tuhan akan menolong kita dalam segala kesulitan. Selalu ada jalan ketika kita mau berusaha keluar dari setiap masalah.

5. Usaha dan terus usaha

 source: flickr.com
Setelah kita sudah mendapatkan ketenangan dan berpikir jernih maka sekarang yang perlu dilakukan adalah mengambil tindakan atau biasa disebut usaha. Kita tentunya tahu seringkali usaha yang kita lakukan tidak sesuai apa yang diharapkan bahkan gagal. Kegagalan memang menyakitkan, tetapi setiap kegagalan yang kita terima ada pelajaran yang bisa dipetik. Salah satunya adalah mungkin usaha kita memang salah, harus ada yang diperbaiki. Kegagalan menuntut kita banyak belajar. Kegagalan sering menyuruh kita untuk usaha yang lebih keras dan cerdas lagi. Jadi jangan pernah menyerah.

6. Jauhi Iri dan Dengki
source: wikimedia.org
Iri sebenarnya sifat yang manusiawi namun jika terlalu banyak iri itu tidak bagus. Sama halnya terlalu banyak dengki. Sikap ini sendiri nantinya membuat kita terus membandingkan diri dengan orang lain. Jika sudah punya sifat ini maka kita sudah membuang-buang waktu. Ingat Anda adalah diri Anda. Iri dan dengki jelas akan menghambat kemajuan Anda.

7. Ambil Reksiko
Orang-orang besar dan sukses saat ini adalah orang yang berani mengambil reksiko. Dalam sejarah manusia, orang-orang yang berani mengambil reksiko inilah yang akan sukses. Ingatlah ketika kita diam di tempat dan tidak ingin mengambil reksiko untuk maju, maka bersiaplah hidup kita akan stagnan seumur hidup. Ingat kegagalan sesungguhnya adalah ketika kita tidak pernah mencoba dan mengambil reksiko.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Agar Memiliki Mental Kuat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel